Kominfo Akan Investigasi Kebocoran Data Penumpang Lion Air

Pesawat Lion Air/Foter/Drewski2112

Arah - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) siap membantu penyelesaian masalah kebocoran data penumpang yang dialami Lion Air Group. Kemenkominfo bakal melakukan investigasi kasus tersebut.

“Kemungkinan itu bisa dilakukan, kita akan koordinasi sama negara tetangga (Malaysia) dan di Asean, kalau memang dibutuhkan investigasi dari kami, bisa bantu dari sini juga,” ujar Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kemenkominfo Semuel Abrijani Pangerapan di Jakarta, Kamis (19/09/2019).

Semuel mengungkapkan, kebocoran data penumpang Lion Air Group diduga ada oknum yang melakukan hacking. Karena itu, dari sisi regulasi, otoritas di Malaysia juga memiliki Undang-Undang yang sama dengan Indonesia.

Baca Juga: Data Pribadi Penumpang Bocor, Lion Air Diminta Lakukan Pengamanan
Lion Air Larang Terbang Pilot yang Pukul Pegawai Hotel

Lebih lanjut, Semuel menegaskan kasus kebocoran data penumpang termasuk bagian dari illegal akses, sehingga oknum terkait bisa mendapatkan sanksi pidana sesuai dengan beleid yang berlaku.

“Siapapun yang melakukan illegal access itu juga ada sangsi pidananya, dan itu bagian dari perlindungan data pribadi. Bagi pengendali harus juga memastikan sistemnya aman, tapi juga siapapun yang melakukan illegal akses apalagi membocorkan data, kita sedang selidiki siapa yang bertanggungjawab,” tambahnya.

Selain itu, Dirjen Aptika juga mengapresiasi upaya Lion Air Group yang dengan cepat menindaklanjuti viralnya kasus tersebut, salah satunya dengan melaporkan langsung kepada aparat penegak hukum di Malaysia. 

Berita Terkait

Data Pribadi Penumpang Bocor, Lion Air Diminta Lakukan Pengamanan Data Pribadi Penumpang Bocor, Lion Air Diminta Lakukan Pengamanan
UU Perlindungan Data Pribadi Benteng Ketahanan Siber Indonesia   UU Perlindungan Data Pribadi Benteng Ketahanan Siber Indonesia
Jual Beli Data Pribadi Langgar Hukum dengan Ancaman Pidana       Jual Beli Data Pribadi Langgar Hukum dengan Ancaman Pidana

#Lion Air #data pribadi #Kemenkominfo #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar