Ini Rangkaian Acara Peringatan Hari Santri 2019

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin meluncurkan rangkaian Peringatan Hari Santri 2019. (Foto:Kemenag)

Arah - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin meluncurkan rangkaian Peringatan Hari Santri 2019. Gelaran Peringatan Hari Santri yang ke-empat ini mengangkat tema 'Santri Indonesia untuk Perdamaian Dunia'.

Menag menjelaskan Peringatan Hari Santri adalah bentuk pengakuan negara atas peran santri dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Tidak hanya rekognisi, tapi juga afirmasi terhadap peran santri," katanya saat peluncuran rangkaian Peringatan Hari Santri 2019, Kamis (19/9/2918).

Sebagai bentuk pengakuan, lanjut dia, negara tidak cukup menetapkan Hari Santri. Pemerintah dan DPR baru saja menuntaskan RUU Pesantren tingkat pertama yang akan di lanjutkan ke tahap paripurna.

“Itu adalah bukti bahwa negara memberi perhatian kepada santri dan pesantren,” kata Menag.

Lukman Hakim dilansir situs Kemenag menjelaskan Peringatan Hari Santri pada hakikatnya adalah upaya mengajak masyarakat kembali kepada esensi ajaran Islam sesungguhnya.

"Bagaimana agar kedamaian, kasih sayang, rahmah, mampu kita sebarluaskan ke sebanyak di lingkungan kita,” tandas Menag.

Baca Juga: Menkeu Ingatkan Nilai Tambah ke Santri Gontor
'Bang Soplo' Driver Ojek Online Yang Membiayai Ratusan Santri

Untuk diketahui, tema perdamaian dalam peringatan Hari Santri 2019 merupakan salah satu respon atas terpilihnya Indonesia sebagai salah satu anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB tahun 2019-2020 bersama 4 negara lainnya yakni, Jerman, Republik Dominika, Belgia, dan Afrika Selatan.

Rangkaian acara Peringatan Hari Santri tahun ini meliputi Santri Millennial Competitions, Kopdar Akbar Santrinet Nusantara, Muktamar Pemikiran Santri Nusantara, Malam Kebudayaan Pesantren, Roan Akbar, Parade Santri Cinta Damai, Malam Puncak Santriversary 21 Oktober, dan Upacara Bendera saat Hari Santri pada 22 Oktober 2019.

Berita Terkait

Jokowi Janjikan Beasiswa Santri Berprestasi Ponpes Madura Jokowi Janjikan Beasiswa Santri Berprestasi Ponpes Madura
KAI Tawarkan Diskon Tiket Kereta 40 Persen KAI Tawarkan Diskon Tiket Kereta 40 Persen
Tak Semua WNI Harus Deposit Rp25 Juta saat Bikin Paspor Tak Semua WNI Harus Deposit Rp25 Juta saat Bikin Paspor

#Hari Santri Nasional #Santri #pesantren #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar