KPU Luncurkan Pemilihan Serentak 2020

Peluncuran Pemilihan Serentak 2020 (Foto:KPU)

Arah - Ribuan anggota dan sekretaris Komisi Pemilihan Umum (KPU) provinsi/KIP Aceh dan KPU kabupaten/kota bertekad menyelenggarakan Pemilihan 2020 yang sukses, aman dan lancar.

Tekad itu disampaikan pada puncak rangkaian acara Konsolidasi Nasional (Konsolnas) 2019 di Jakarta, Senin (23/9/2019). Kegiatan ini sekaligus menjadi hitung mundur penyelenggaraan Pemilihan 2020 yang akan dilaksanakan tepat satu tahun kedepan.

Ketua KPU RI Arief Budiman optimistis Pemilihan 2020 akan berlangsung sukses. Hal ini didasarkan penyelenggaraan Pemilu 2019 yang dinilainya sukses.

Beberapa capaian tersebut disampaikan Arief, antara lain meningkatnya partisipasi pemilih dibanding pemilu sebelumnya. Pada pemilu serentak lalu, angka partisipasi 82 persen atau diatas target yang sudah dicanangkan 77,5 persen.

Catatan lainnya jumlah sengketa yang menurun dibanding pemilu sebelumnya. Menurut dia pada 2014, ada 900 sengketa yang masuk ke Mahkamah Konstitusi (MK). Sedangkan yang diregister 808 kemudian diproses hingga diputus mencapai 21 kasus.

Dilansir kpu.go.id, Arief menyadari sukses yang diraih ini tidak terlepas dari dukungan banyak pihak baik sesama penyelenggara pemilu, pemerintah hingga TNI/Polri. Dia berharap kerjasama yang telah terjalin bisa terus dilanjutkan untuk penyelenggaraan pemilihan maupun pemilu selanjutnya.

“Mudah-mudahan kerjasama dengan semua pihak bisa terus dilakukan dan Pemilihan 2020 bisa lebih sukses dibanding Pemilu 2019,” harapnya.

Baca Juga: KPU Tetapkan Perolehan Kursi Parpol dan Calon Terpilih DPR-DPD
KPU Tetapkan Jokowi-Ma'ruf Jadi Presiden-Wapres 2019-2014

Pada kesempatan itu, Arief bersama enam komisioner lainnya Wahyu Setiawan, Pramono Ubaid Tanthowi, Viryan, Evi Novida Ginting Manik, Hasyim Asy’ari, Ilham Saputra serta Sekjen Arif Rahman Hakim secara simbolis menekan layar bergambar surat suara sebagai penanda dimulainya tahapan Pemilihan 2020.

Berita Terkait

Kemendagri Berikan Data Kependudukan untuk Pemilihan 2020 Kemendagri Berikan Data Kependudukan untuk Pemilihan 2020
Ini Rekomendasi Konsolnas Sekretaris KPU se-Indonesia Ini Rekomendasi Konsolnas Sekretaris KPU se-Indonesia
Pilkada Serentak 2020 Digelar September Pilkada Serentak 2020 Digelar September

#kpu #pilkada serentak #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar