Ini RUU yang Dibahas dalam Paripurna DPR

Dok Rapat Paripurna DPR di Gedung DPR, Senayan, Jakarta.

Arah - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) akan menggelar Sidang Paripurna membahas enam rancangan undang-undang (RUU). Keenam RUU tersebut akan dibahas pada pembicaraan tingkat II atau pengambilan keputusan.

Keenam RUU yang rencananya akan dibahas adalah RUU Pemasyarakatan (PAS), RUU perubahan UU Pembentukan Peraturan Perundang-undangan (PPP), RUU APBN 2020, RUU Karantina Hewan, Ikan, dan Tumbuhan, RUU Sistem Budi Daya Pertanian Berkelanjutan dan RUU Pesantren.

Dari enam RUU itu, ada yang dinilai bermasalah dan mendapat penolakan dari sejumlah pihak. Salah satunya RUU Pemasyarakatan yang di dalamnya memuat psal kontroversial.

Baca Juga: Pemerintah dan DPR Sepakati 49 Pasal Draft RUU Pesantren
DPR Pertimbangkan Tunda Pengesahan RUU KUHP

Sebelumnya, Ketua Komisi III DPR RI, Mulfachri Harahap m3ngatakan DPR RI memutuskan tidak akan mengambil keputusan pengesahan RKUHP pada Sidang Paripurna yang akan digelar Selasa (30/9/2019).

“Mungkin tidak dalam paripurna terdekat ya. Masih ada 3 kali paripurna lagi paling tidak sampai dengan tanggal 30 September,” ujarnya menjawab wartawan usai bersilaturahmi dengan Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (23//20199).

Mulfahri tidak memungkiri jika akan ada forum lobi antara pemerintah dengan DPR terkait nasib RKUHP itu hingga batas penutupan masa sidang 30 September mendatang.

“Nanti akan dilihat sejauh mana forum lobi itu menghasilkan sesuatu yang baik untuk semua pihak, dan tentu sampai dengan tanggal 30 September, DPR RI akan memonitor terus apa yang terjadi di tengah-tengah masyarakat,” kata Mulfahri.

Dia berharap, forum lobi bisa menghasilkan titik temu antara pemerintah dan DPR.

"Mudah-mudahan nanti forum lobi itu bisa menghasilkan sesuatu yang produktif bagi keberlangsungan RKUHP yang ramai dibicarakan di publik," pungkasnya.

Berita Terkait

Presiden Buka Konferensi Internasional Keamanan Kesehatan Global Presiden Buka Konferensi Internasional Keamanan Kesehatan Global
Begini Simulasi Penjemputan Tamu di Pernikahan Anak Presiden Begini Simulasi Penjemputan Tamu di Pernikahan Anak Presiden
Sah! DPR Setujui Anggota KPU dan Bawaslu Baru Sah! DPR Setujui Anggota KPU dan Bawaslu Baru

#DPR #Jokowi #Sidang Paripurna #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar