Garuda Buka Penerbangan Rute Manado–Davao, Ini Targetnya

Dubes RI untuk Filipina, Sinyo Harry Sarundajang, bersama sejumlah pejabat melaksanaan upacara ketibaan Garuda Indonesia yang membuka rute Manado – Davao City, di Davao City, Filipina, Jumat (27/9). (Foto: KJRI Davao City)

Arah - Garuda Indonesia membuka penerbangan dari Manado, Sulawesi Utara ke Davao City, Filipina. Penerbangan reguler ini beroperasi dua kali sepekan yakni Senin dan Jumat mulai 27 September 2019.

Tepat pukul 12:30 siang waktu Davao, water salute menyambut kedatangan pesawat Garuda Indonesia di Bandara Fransisco Bangoy International Airport dari Manado?. Duta Besar RI Untuk Filipina, Sinyo Harry Sarundajang, mengungkapkan ide pembukaan penerbangan ini berawal dari pertemuannya dengan Duta Besar Leehiong T. Wee pada 1 September 2018.

Pertemuan itu menyepakati untuk mendorong kembali pembukaan penerbangan langsung Manado dan Davao dengan tujuan meningkatkan kerja sama bidang perdagangan, pariwisata dan investasi antara kedua negara.

“Sejak itu berbagai upaya dilakukan guna mendorong maskapai penerbangan kedua negara menjajaki pembukaan rute penerbangan tersebut,” kata Sarundajang di Bandara Fransisco Bangoy International Airport, Davao CIty,Filipina, Jumat (27/9/2019).

Sarundajang berharap rute penerbangan ini disa meningkatkan aktivitas antara masyarakat Indonesia dan Filipina, mengingat Davao dan Manado adalah kota dengan kegiatan ekonomi yang terus tumbuh untuk menjadi pintu bisnis dan pintu destinasi wisata ke seluruh Indonesia.
Pada 30 tahun yang lalu, Sarundajang pernah menjabat sebagai Walikota Bitung. Pada saat yang sama Walikota Davao City adalah Rodrigo Roa Duterte yang saat ini menjadi Presiden Filipina.

Konjen RI di Davao Dicky Fabrian mengatakan penguatan konektivas ini merupakan salah satu capaian penting yang menandai 70 tahun hubungan bilateral Indonesia–Filipina, yang akan semakin memperkuat kerja sama di berbagai sektor.

Baca Juga: Garuda Rekrut 2 PIlot Perempuan Pertama dari Papua
Kemenkeu Temukan Pelanggaran dalam Laporan Keuangan Garuda

Penerbangan Garuda rute Manado–Davao merupakan solusi alternatif bagi wisatawan Filipina terutama dari Kepulauan Mindanao untuk berkunjung ke Manado dan kota-kota lain di Indonesia.

Keberadaan 8.745 warga keturunan Indonesia di wilayah Mindanao dan sekitar 5.000 warga negara Filipina dan keturunannya yang menetap di Manado dan kota lain di Sulawesi Utara, sangat berpotensi memanfaatkan rute penerbangan ini.

Menandai penerbangan perdana tersebut, GA diluncurkan secara resmi di bandar udara internasional Sam Ratulangi Manado dan disambut resmi di bandar internasional Francisco Bangoy Davao City. 

 

Berita Terkait

BNI-Garuda Travel Fair Target Transaksi Rp8 Miliar BNI-Garuda Travel Fair Target Transaksi Rp8 Miliar
Dispar NTT Apresiasi Bertambahnya Layanan Penerbangan Antardaerah Dispar NTT Apresiasi Bertambahnya Layanan Penerbangan Antardaerah
Frekuensi Penerbangan Garuda Bali - India Seminggu Tiga Kali Frekuensi Penerbangan Garuda Bali - India Seminggu Tiga Kali

#Garuda Indonesia #Manado #Davao #Filipina #Rute Penerbangan #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar