Harapan Jokowi Soal Pelantikannya

Presiden Jokowi didampingi Seskab dan sejumlah pejabat menjawab wartawan usai membuka Munas XVI HIPMI, di Hotel Sultan, Jakarta, Senin (16/9) siang. (Foto: Jay/Humas)

Arah -  Presiden Joko Widodo menyampaikan pelantikan dirinya dan Ma'ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden pada 20 Oktober 2019 akan berlangsung dengan sederhana dan hikmat.

"Tadi Napak Ketua MPR beserta seluruh pimpinan MPR menyampaikan undangan untuk pelantikan 20 Oktober mendatang, saya juga menyampaikan bahwa penyelenggaraan upacara dan perayaan di dalam pelantikan dilakukan sederhana saja tetapi juga tanpa mengurangi kehikmatan dan keagungan acara itu," kata Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka Jakarta, Rabu.

Presiden Jokowi menyampaikan hal tersebut seusai bertemu dengan 10 orang pimpinan MPR di Istana Merdeka. Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

"Karena ini acara MPR, kami sangat berkepentingan bahwa acara ini berlangsung dengan hikmat tanpa gangguan apa pun. Makanya, kami imbau adik-adik mahasiswa, seluruh masyarakat Indonesia agar ikut menjaga kehikmatan," kata Ketua MPR Bambang Soesatyo.

Bambang mengatakan bahwa kesuksesan acara pelantikan tersebut juga akan memberikan dampak positif bagi perekonomian Indonesia.

"Ini akan memberikan pesan positif kepada dunia internasional dan itu akan membantu perekonomian kita," katanya.

Baca Juga: Setelah Bupati Indramayu, Kini KPK Tangkap Wali Kota Medan
Kuasa Hukum Hadirkan Saksi Meringankan Nunung

Dengan ekonomi yang baik, lanjut dia, sama dengan membantu rakyat.

"Jadi, pesannya jelas bahwa kami di MPR ingin acara ini berlangsung hikmat dan agung sebagaimana disampaikan Bapak Presiden," kata Bambang.

Menurut Bambang, sejumlah kepala negara dan kepala pemerintahan negara-negara sahabat juga telah mengonfirmasi kehadirannya dalam acara pelantikan tersebut. Ia menambahkan bahwa hampir seluruh negara ASEAN, negara tetangga confirm hadir, termasuk Perdana Menteri Australia.

"Mudah-mudahan kepala-kepala negara, kepala pemerintahan, utusan khusus seluruh negara-negara maju, Cina mengutus wakil perdana menteri, beberapa negara konfirmasi. Akan tetapi, untuk pastinya silakan cek kepada Menteri Luar Negeri," kata Bambang.

Demi menjaga keamanan dan ketertiban acara serta banyaknya tamu negara yang hadir, kata dia, pengamanan acara akan diperketat.

Berita Terkait

Hari Ini MPR Kirim Undangan Pelantikan ke Jokowi dan SBY Hari Ini MPR Kirim Undangan Pelantikan ke Jokowi dan SBY
 MPR Putuskan Pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin Pukul 14.30 Wib MPR Putuskan Pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin Pukul 14.30 Wib
Parliamentary Threshold Buat Demokrasi Jadi Timpang Parliamentary Threshold Buat Demokrasi Jadi Timpang

#MPR RI #DPR/MPR #Presiden #Presiden Jokowi #Pelantikan #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar