Sri Mulyani dan Retno Marsudi Terharu Dengar Pidato Terakhir JK

Wakil Presiden Jusuf Kalla

Arah -  Wakil Presiden Jusuf Kalla berpidato terakhir sebagai wakil kepala pemerintahan pada peluncuran Lembaga Dana Kerja Sama Pembangunan Internasional di Kantor Kementerian Luar Negeri Jakarta, Jumat. Selain pejabat dalam negeri dan undangan, pidato Kalla terakhir itu juga dihadiri para duta besar negara sahabat dan perwakilan organisasi internasional yang berkantor di Indonesia.

“Ini hari terakhir kerja bagi saya selama lima tahun menjadi wakil presiden, dan ini pidato saya yang terakhir, setelah selama lima tahun kira-kira lebih dari 600 pidato, ini berarti pidato ke-601,” kata Kalla, di Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Jumat.

Tuan rumah pada gelaran dengan pokok acara pidato Kalla kali ini adalah Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, yang didampingi Menteri Keuangan, Sri Mulyani selain Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Bambang Brodjonegoro.

Kedua perempuan pemimpin di Indonesia itu berdiri di dekat Kalla saat dia berpidato. Tidak pelak, kedua perempuan menteri itu terlihat sesekali menyeka mata mereka, saat Kalla mengucapkan kata-kata perpisahan alias kata-kata pamit dari jajaran pemerintahan.

Kalla juga menyampaikan terima kasih kepada jajaran Kementerian Luar Negeri yang selama ini ikut membantu penyelenggaraan kunjungan-kunjungan Kalla ke luar negeri. Adalah Kalla yang selalu mewakili kehadiran sosok Presiden Joko Widodo di forum Sidang Umum PBB di Markas Besar PBB di New York, selama lima kali berturut-turut pada 2014-2019.

Baca Juga: Revisi UU KPK Resmi Menjadi UU Nomor 19 Tahun 2019
Klub Sepakbola Italia Ini Dibeli Orang Terkaya Indonesia

Pada pidato terakhirnya di Gedung Pancasila itu, Kalla menyatakan, “Saya juga ingin menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran Kementerian Luar Negeri yang selalu bekerja membantu saya selama lima tahun, barangkali saya pejabat yang paling sering ke luar negeri disamping menteri luar negeri tentu, yang paling merepotkan."

Usai peluncuran Lembaga Dana Kerja Sama Pembangunan Internasional itu, Kalla mendapatkan kejutan dari pegawai di lingkungan Kementerian Luar Negeri yang sudah menunggu di luar Gedung Pancasila.

Para duta besar perwakilan negara sahabat dan pegawai Kementerian Luar Negeri menyambut Kalla, yang didampingi Marsudi dan Mulyani, serta Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Bambang Brodjonegoro.

Mereka membawa balon bertuliskan "Terima Kasih Pak JK".

Berita Terkait

Jusuf Kalla Buka Raker Percepatan Pelaksanaan Berusaha di Daerah Jusuf Kalla Buka Raker Percepatan Pelaksanaan Berusaha di Daerah
Jokowi Tengok Cucu Baru Jusuf Kalla Jokowi Tengok Cucu Baru Jusuf Kalla
Wapres Soroti Situs Rumah Tua Cimanggis Wapres Soroti Situs Rumah Tua Cimanggis

#Sri Mulyani #jusuf kalla #Wapres Jusuf Kalla #Joko Widodo-Jusuf Kalla #wapres #Menlu Retno Marsudi #menlu #Jokowi #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar