Gara-gara Desain Vans, Tagar BoycottVans Ramai di Media Sosial

Toko Vans tutup di salah satu pusat perbelanjaan Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Pada Minggu (4/6). (Foto: Arah.com/ Harry Muthahhari)

Arah - Acara Global Custom Culture yang digelar Oleh Vans, adalah sebuah kompetisi untuk menjaring desain sneakers terbaik dari para seniman yang ada di seluruh dunia. Dengan total hadiah yang tawarkan sebersar $25,000 dan desain tersebut akan dirilis oleh Vans

Namun ditahun ini, acara tersebut menjadi sorotan banyak kalangan. Bukan karena pemenangnya, tapi keputusan Vans untuk mengeluarkan salah satu desain dari kompetisi.

Dilansir dari halaman Highsnobiety, desain yang dibuat seniman asal Kanada "Naomiso" itu mengangkat isu sensitif yang tengah terjadi saat ini. Desain sneakers itu menggambarkan dukungan terhadap gerakan pro-demokrasi Hong Kong.

Baca Juga: Pernikahan Ini Viral, Netizen Sebut Ini Adalah Cinta Sejati
Ratusan Karya Kontemporer Ditampilkan Di Pameran Bali Megapura

Payung menjadi simbol aksi demo di Hong Kong. Sejak pemungutan suara dimulai pada 1 Oktober, desain Naomiso mendapat dukungan lebih dari 30.000 suara. Hal itu menjadikan desain sepatu tersebut memperoleh suara tertinggi.

Namun, pihak Vans, beranggapan bahwa hal itu bisa menjadi berisiko, terlebih jika desain dari Naomiso keluar sebagai juara.

Di sisi lain, Tiongkok, yang menolak aksi protes di Hong Kong, merupakan tempat produksi sepatu Vans. Hal ini tentu menjadi dilematis sendiri bagi pihak Vans.

Oleh karena itu, pihak Vans akhirnya mengambil langkah untuk mengeluarkan desain tersebut dari kompetisi.

Dalam keterangan yang ditulis oleh pihak Vans, "Sebagai merek yang terbuka untuk semua orang, kami tidak pernah mengambil posisi politik dan karenanya meninjau desain untuk memastikan bahwa mereka sejalan dengan nilai-nilai yang telah lama dijunjung tinggi yaitu rasa hormat dan toleransi."

Atas keputusan pihak Vans, kemudian ramai tagar #boycottVans di media sosial dari pihak-pihak yang kontra.

Berita Terkait

Karya Seniman Jalanan Indonesia dalam Produk Fashion Dunia Karya Seniman Jalanan Indonesia dalam Produk Fashion Dunia
 Wow! Sepatu Ini Dilelang Rp 200 Juta! Wow! Sepatu Ini Dilelang Rp 200 Juta!
Rel Kereta Api di lintasan Cilebut-Bogor, Patah Sejak Pagi Rel Kereta Api di lintasan Cilebut-Bogor, Patah Sejak Pagi

#Sepatu Vans #Sepatu Sneaker #sepatu #desain unik #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar