BPPT Berharap Inovasi Jadi Penggerak Ekonomi

Seorang anak melihat robot penanam padi dalam Ritech Expo 2019 yaitu rangkaian peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-24 di Denpasar, Bali, Minggu (25/8/2019). (ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana/aww)

Arah - Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Hammam Riza berharap pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin periode 2019-2024 memastikan inovasi menjadi penggerak pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Penguasaan teknologi di berbagai bidang juga harus ditingkatkan. Inovasi dan teknologi harus menjadi penghela pertumbuhan ekonomi nasional," kata Hammam kepada Antara, di Jakarta.

Untuk pemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) dan inovasi, pembangunan sumber daya manusia (SDM) berbasis iptek menjadi kunci. Oleh karenanya, menjadi tepat jika peningkatan kualitas SDM adalah prioritas pemerintahan ke depan.

"SDM merupakan aset bangsa, karena untuk menguasai iptek dibutuhkan SDM yang mumpuni," kata Hammam.

Baca Juga: Gunakan Teknologi Ini, PLN Hemat Rp 115 Juta Per Bulan
Menyongsong Teknologi 5G, Telkom Beli 2.100 Menara Sinyal

Menurut dia, kemajuan suatu bangsa dapat diukur dari kualitas sumber daya manusianya, di samping tingkat kemantapan sistem dan kelembagaan, politik maupun hukum.

"Penguasaan teknologi di berbagai bidang juga harus ditingkatkan. Inovasi dan teknologi harus menjadi penghela pertumbuhan ekonomi nasional," ujarnya.

Jika semua penyelenggara iptek bergerak niscaya visi Indonesia Emas akan terwujud dengan optimal.

Pelantikan Presiden RI periode 2019-2024 Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin akan dilakukan di Gedung DPR/MPR pada Minggu (20/10/2019).(ant)

Berita Terkait

Dirgantara Expo Hari Terakhir Ramai Pengunjung Dirgantara Expo Hari Terakhir Ramai Pengunjung
2.000 Wartawan Diperkirakan Liput Asian Games 2018 2.000 Wartawan Diperkirakan Liput Asian Games 2018
Sandiaga Ungkapkan Harga Beras di Jakarta Siap Turun Sandiaga Ungkapkan Harga Beras di Jakarta Siap Turun

#Inovasi #Pameran Teknologi #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar