Berbuka Puasa di Hongaria Serasa di Indonesia

Kurma untuk berbuka puasa (Foter.com/stu_spivack)

Arah -  Masyarakat Indonesia dan keluarga serta mahasiswa yang sedang menuntut ilmu di Hongaria mengadakan acara berbuka puasa bersama dalam suasana kekeluargaan. Kondisi ini membuat suasana Ramadan serasa di tanah air.

Pensosbud KBRI Budapest Yudhi Gunawan kepada Antara London, Minggu (12/6/2016) mengatakan berbagai hidangan berbuka puasa khas Ramadan yang tersedia menjadi pelipur rasa kangen tanah air.

Padahal Bulan Ramadan di Hongaria sangat berbeda dibandingkan dengan di tanah air. Musim panas yang menyengat ditambah dengan waktu berpuasa yang sangat panjang sekitar 18,5 jam dan suasana musim panas sepintas dirasakan sungguh berat.

"Akan tetapi apabila kita jalankan dengan sungguh-sungguh, semuanya dapat dilaksanakan dengan baik," ujarnya.

Dubes RI di Budapest Wening Esthyprobo dalam sambutan menjelang berbuka puasa menyampaikan apresiasinya atas sikap para WNI yang berpuasa tetap menjalankan aktivitas seperti biasanya tanpa terbebani dan terganggu dengan bulan suci ini.

Keunikan berbuka puasa di ruang serba guna KBRI Budapest juga dihadiri WNI non muslim dan para Romo. Mereka berbaur dan menghormati serta merayakan kegembiraan dengan para WNI muslim setelah berpuasa sehari penuh. Hal ini menunjukkan bentuk tenggang rasa dan toleransi yang tinggi antarumat beragama di wilayah akreditasi KBRI Budapest.

Berbagai hidangan berbuka puasa khas Ramadhan juga tersedia yang menjadi penglipur rasa kangen kepada tanah air bagi masyarakat Indonesia di Hongaria.

Dalam Acara berbuka puasa bersama ini dilakukan juga siraman rohani dan dilanjutan dengan Salat Maghrib bersama kemudian diakhiri makan malam dan ramah tamah. 

Berita Terkait

Ibu Warteg yang Dirazia Satpol PP Dapat Bantuan Dana Rp 265 Juta Ibu Warteg yang Dirazia Satpol PP Dapat Bantuan Dana Rp 265 Juta
Polda Jateng Imbau Ormas Tak Lakukan 'Sweeping' Polda Jateng Imbau Ormas Tak Lakukan 'Sweeping'
Duh, 50 Persen Masjid di Provinsi Ini Enggan Tadarus Duh, 50 Persen Masjid di Provinsi Ini Enggan Tadarus

#Buka Puasa Bersama #KBRI Hongaria #Bulan Ramadan #Puasa Musim Panas

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar