Ini yang Dimenangi Tim Indonesia di Kompetisi Karya TIK ASEAN

Tim AICTA Indonesia yang berhasil membawa pulang 2 medali emas dan 1 perunggu dalam ajang tahunan AICTA 2019 di Vietnam.(Foto:Kominfo)

Arah -Tahun 2019 merupakan pencapaian terbaik Tim ASEAN ICT Award atau AICTA Indonesia selama 8 kali keikutsertaannya secara berturut-turut. Tahun ini, Indonesia meloloskan tiga finalis dengan merebut dua emas dan satu perunggu yang sekaligus menjadi juara umum ajang apresiasi bagi karta dan produk ICT level ASEAN.

Kategori yang dimenangkan Indonesia adalah Research and Development, Corporate Social Responsible dan Private Sector. Ini menunjukkan kualitas SDM TIK Indonesia semakin diperhitungkan di kawasan ASEAN.

Emas pertama diraih Indonesia dari kategori Private Sector tim RiTx Bertani. Sedangkan emas kedua diraih dari kategori Research and Development tim ATM Sehat. Selain Emas, Indonesia juga menyabet perunggu dari kategori Corporate Social Responsible tim Darah Kita.

Melalui akumulasi perolehan medali, Indonesia dinobatkan sebagai negara dengan perolehan emas terbanyak dibanding Laos, Singapore, Vietnam dan Thailand yang hanya meraih masing-masing satu emas.

Ajang AICTA atau ASEAN ICT Award adalah Ajang kompetisi Karya TIK tertinggi di tingkat ASEAN. Kompetisi ini meliputi enam Kategori Kelompok yakni Public Sector, Private Sector, Digital Content, Startup, Research and Development dan Corporate Social Responsibility.

Di ajang tahunan ini, 18 Finalis dari Indonesia dijaring melalui kurasi ketat dalam seleksi Nasional karya dan produk TIK (Indonesian entrepreneur TIK/idenTIK). Kurasi dilakukan Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika sejak bulan April 2019.

Baca Juga: Pelaku Industri Harapkan Regulasi Fleksibel
Kala Anak BJ Habibie Berjuang Kembangkan Industri Pesawat

Dalam kompetisi skala ASEAN ini, pesaing karya inovatif Indonesia pada kategori Private Sector adalah Spark FX dan V3 Vertical Positioning Technology dari Singapore. Untuk kategori Research and Development, Indonesia telah bersaing dengan Maker Playground dari Thailand dan REUNITE dari Malaysia.

Sedangkan untuk kategori Corporate Social Responsible, Indonesia berhadapan dengan Aor Sor Mor Online Platform dari Thailand dan Viettel Study Elearning Social Network dari Vietnam.

Berita Terkait

WhatsApp Uji Coba Fitur Baru Untuk Admin Group WhatsApp Uji Coba Fitur Baru Untuk Admin Group
WeChat Sentuh Angka Satu Miliar Pengguna Aktif Bulanan WeChat Sentuh Angka Satu Miliar Pengguna Aktif Bulanan
Johnny G Plate Bertekad Lanjutkan Pembangunan Telekomunikasi Johnny G Plate Bertekad Lanjutkan Pembangunan Telekomunikasi

#teknologi #Kemenkominfo #Aplikasi #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar