Mahfud: Pengangkatan Wakil Menteri Sah Secara Hukum

Pelantikan Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju (Antara)

Arah - Duabelas wakil menteri (wamen) Kabinet Indonesia Maju telah dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (25/10/2019). Pengangkatan wamen itu memunculkan pertanyaan, apakah sah secara hukum?

Menanggapi itu, Menko Polhukam Mahfud MD menegaskan pengangkatan wamen sesuai dengan UU Nomor 39 Tahun 2008 tentang Kementerian Negara. Dengan demikian, lanjut Mahfud, pengangkatan wamen sah secara hukum.

"Ada yang bilang, pengangkatan wamen oleh Presiden kemarin tidak sah karena menurut penjelasan Pasal 10 UU No. 39/2008 wamen adalah jabatan karir. Tapi pengangkatan mereka kemarin itu sah karena Penjelasan pasal 10 UU No. 39/2008 telah dibatalkan oleh MK melalui vonis MK No. 79/PUU-IX/2011," tulis Mahfud di akun Twitter resminya, Sabtu (26/10/2019).

Pasal 10 UU Nomor 39/2008 berbunyi: "Dalam hal terdapat beban kerja yang membutuhkan penanganan secara khusus, Presiden dapat mengangkat waki menteri pada kementerian tertentu."

Baca Juga: Tak Hanya Nama, Ini Perbedaan Kabinet Kerja vs Indonesia Maju
Jokowi Dianggap Ingkar Janji Soal Pemerintah Ramping & Sederhana

Sebelum dilakukan uji materiil ke Mahkamah Konstitusi (MK) pada 2012, Penjelasan Pasal 10 UU Kementerian Negara tersebut menyebutkan, "Yang dimaksud dengan wakil menteri adalah pejabat karir dan bukan merupakan anggota kabinet."

Namun Penjelasan Pasal 10 kemudian digugat ke MK saat Mahfud menjabat sebagai ketua lembaga negara tersebut dan sudah keluar putusannya pada 19 April 2012. Putusan MK bernomor 79/PUU-IX/2011 ini membatalkan Penjelasan Pasal 10 tersebut.

Berita Terkait

Inilah 12 Calon Wakil Menteri Yang Merapat Ke Istana Inilah 12 Calon Wakil Menteri Yang Merapat Ke Istana
Cerita Mahfud Soal Itikad Baik Kerja Sama Prabowo di Kabinet Cerita Mahfud Soal Itikad Baik Kerja Sama Prabowo di Kabinet
Tak Hanya Mahfud, Ternyata Pendiri Gojek juga Merapat ke Istana Tak Hanya Mahfud, Ternyata Pendiri Gojek juga Merapat ke Istana

#Mahfud MD #Wakil Menteri #kabinet jokowi #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar