Awas, Bakteri Ini Biasanya Menempel di Ponsel Kamu

Ilustrasi Telepon Selular

Arah -  Ponsel merupakan salah satu barang penting yang selalu ada dalam keseharian. Terlebih saat ini ponsel sudah dilengkapi dengan teknologi modern yang membuat manusia tidak bisa melepaskan diri dan menimbulkan ketergantungan. Namun tahukah kamu seberapa kotor ponsel kamu. Menurut penelitian, setiap satu inci persegi, perangkat mobile mengandung sekitar 25 ribu kuman

Sebagian orang menyadari bahwa ponsel yang diguanakan merupakan salah satu sarang kuman, akan tetapi diperkirakan tidak sedikit pula yang belum mengetahui informasi ini. Berikut adalah bakteri yang biasa menempel di ponsel kamu

1. Coliforms
Coliforms merupakan bakteri yang ditemukan di kotoran manusia atau hewan dan pada tumbuhan yang membusuk. Bakteri ini tidak membuat pengguna ponsel menjadi sakit, namun ini akan menjadi fakta yang menggelikan karena bakteri pada kotoran manusia dan hewan ternyata ada di perangkat mobile.

2. Escherichia Coli
Kurang menjaga ponsel bisa menumbuhkan bakteri jahat seperti Escherichia Coli atau e Coli bersarang di ponsel anda. Bakteri ini cukup jahat karena bisa menyebabkan diare dan muntah-muntah jika tidak ditangani dengan serius. Jagalah kebersihan ponsel anda agar tidak terhinggapi bakteri E Coli.

3. Staphylococcus Aureus
Bakteri ini tergolong membahayakan bagi tubuh manusia. Dampaknya bisa menyebabkan infeksi kulit dan membuatnya terasa seperti terbakar. Penelitian membuktikan bahwa bakteri ini muncul justru ditempat-tempat bersih sepert rumah sakit atau tempat kesehatan lainnya. Jika ponsel anda jarang dibersihkan maka akan mempercepat penyebaran bakteri ini.

Baca Juga: PSI Desak Mendagri Beri 'kartu Kuning' ke Gubernur Anies Baswedan
Hari Ini DPR Tentukan Nama Anggota Alat Kelengkapan Dewan

4. Streptococcus
Bakteri jenis ini tergolong sangat berbahaya bagi tubuh manusia. Terdapat 2 jenis Streptococcus yaitu Streptococcus A dan Streptococcus B. Walaupun dibedakan menjadi dua, namun keduanya masih tetap berbahaya. Streptococcus A biasa ditemui pada anak-anak, seperti penyakit radang tenggorokan. Bahkan apabila sudah parah, bakteri jenis ini dapat mengakibatkan penyakit yang lebih serius dibandingkan demam berdarah. Streptococcus B dapat mengakibatkan gangguan pada saluran kemih dan darah, pneumonia sampai dengan infeksi kulit parah.

5. Coagulase Negative Staphylococci (CoNS)
Coagulase Negative Staphylococci (CoNS) ini merupakan varian dari staphylococcus yang resistan terhadap antibiotik dan biasanya berada pada kulit manusia dan saluran vagina. Seperti staphylococcus pada umumnya, bakteri ini penyebarannya dimulai dari tempat-tempat yang digolongkan bersih seperti rumah sakit dan sejenisnya. Menurut penelitian yang dilakukan oleh pakar dari Universitas of Ghana pada tahun 2011 lalu mengungkapkan dari 100 perangkat mobile pelajar yang diambil secara acak, 15 persen di antaranya positif mengandung CoNS. Bakteri ini dapat mengakibatkan infeksi saluran darah.

6. Molds
Molds ini adalah jamur yang biasanya dapat ditemui di tempat-tempat lembap atau juga yang terkadang dapat membuat suatu daun menghitam dan mati. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan dari Turki beberapa tahun lalu mengungkapkan bahwa 10 persen dari perangkat mobile yang mereka teliti ternyata mengandung Molds di dalamnya. Jamur seperti ini dapat mengakibatkan gangguan sistem pernapasan, demam sampai dengan infeksi paru-paru.

Berita Terkait

Serem! Ternyata Ada Miliaran Virus yang Jatuh ke Bumi Setiap Hari Serem! Ternyata Ada Miliaran Virus yang Jatuh ke Bumi Setiap Hari
Jarang Diketahui, Begini Cara Mencuci Tangan yang Benar Jarang Diketahui, Begini Cara Mencuci Tangan yang Benar
Ditemukan  Tak Bernyawa  Akibat Tidur Dengan Tiga Kipas Sekaligus Ditemukan Tak Bernyawa Akibat Tidur Dengan Tiga Kipas Sekaligus

#ponsel #telepon #Anti Bakteri #kuman penyakit #Penyakit #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar