Siap-siap Harga Rokok Tahun Depan Bisa Meroket Sampai Rp 35.000

Harga Rokok Tahun Depan Capai Rp. 35.000

Arah - Untuk anda mempunyai kebiasaan menghisap rokok, siap-siap tahun depan harga rokok bisa mencapai Rp 35.000 per bungkus, lantaran terbitnya Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 152 Tahun 2019 yang mengatur kenaikan tarif cukai rokok per 1 Januari 2020 sebesar 21,55 persen dan kenaikan harga jual rokok sebesar 30 persen. 

Koalisi Tembakau yang beranggotakan petani dan pelaku usaha tembakau menolak dan mengecam terbitnya PMK tentang penaikan cukai yang dinilai menjadi ancam keberlangsungan industri tembakau.

Baca Juga: Permudah Tilang Elektronik, Plat Nomer Baru Bakal Berubah Warna
Pertamina-Rosneft Kerjasama Bangun Kilang Minyak Tuban

"Kebijakan ini merugikan para petani tembakau. Untuk rokok putih mesin naik 29,95 persen, rokok kretek mesin naik 23,29 persen, dan rokok kretek tangan naik 12 persen," ujar Koordinator Koalisi Tembakau, Dita Indah Sari dalam siaran persnya, Selasa (29/10).

Akibat kenaikan cukai, harga rokok perbungkus diperkirakan akan naik sampai Rp7 ribu per bungkus. Hal itu otomatis berdampak langsung terhadap serapan hasil tembakau dan cengkih dari petani karena pabrik akan mengurangi jumlah produksi.

Selain itu, kenaikan cukai rokok akan membuat pabrik rokok melakukan efisiensi. Karena dengan kenaikan harga juga akan berdampak pada daya beli di pasaran. Tak tanggung-tanggung, Dita menyebut 7 ribu buruh akan terkena PHK setiap kenaikan cukai tembakau 5 persen. 

Kenaikan cukai tembakau juga dinilai tidak rasional, karena akan berimbas kepada bekurangnya masyarakat dalam membeli rokok dan pada akhirnya bisa berdampak pada maraknya rokok-rokok ilegal.

Berita Terkait

Politisi PPP Dukung Harga Rokok Rp50.000 Politisi PPP Dukung Harga Rokok Rp50.000
Bisa Cegah Remaja Merokok, MPR Dukung Kenaikan Harga Bisa Cegah Remaja Merokok, MPR Dukung Kenaikan Harga
Persija Menang 4-1 Atas Tampines Persija Menang 4-1 Atas Tampines

#rokok #Harga Jual Rokok #Kenaikan Harga Rokok #Kemenkeu #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar