Menteri Agama: Cadar Bukan Tolok Ukur Ketakwaan Seseorang

Menteri Agama Fachrul Razi (Foto:Kemenag)

Arah - Menteri Agama, Fachrul Razi, mengatakan, penggunaan cadar atau niqab sebenarnya tidak memiliki landasan hukum syariat yang kuat.

"Cadar itu tidak ada dasar hukumnya di Alquran maupun Hadis dalam pandangan kami," ujar Fachrul di Kemenko PMK, Jakarta, Kamis (31/10).

Lebih lanjut lagi, Menag mengatakan, pihaknya tidak membuat peraturan yang melarang penggunaan cadar di kalangan umat muslim. Akan Tetapi dia mengingatkan bahwa cadar bukanlah landasan tolok ukur ketakwaan seseorang.

"Kalau orang mau pakai silakan dan itu bukan ukuran ketakwaan orang, bukan berarti kalau sudah pakai cadar takwanya tinggi, sudah dekat dengan Tuhan," ucap dia.

Terkait persoalan akan rencana pelarangan cadar di instansi pemerintahan, Mantan Panglima TNI ini pun menganalogikan permasalahan cadar dengan ketentuan lepas helm saat masuk kantor instansi. Peraturan yang diberlakukan olehnya semata-mata bertujuan untuk menciptakan keamanan.

Baca Juga: Tito Tegaskan ASN Harus Bermental Abdi Negara Bukan Penguasa
Viral Video Istri Tertinggal Saat Suami Kabur dari Tilang Polisi

"Betulkan dari sisi keamanan, kalau ada orang bertamu ke saya enggak tunjukin muka, enggak mau saya. Keluar Anda," Tegas Menag.

Fachrul juga menjelaskan, di lingkungan Kemenag sudah terjadi kesepakatan yang menyatakan penggunaan cadar bukan parameter ketakwaan.

di lingkungan Kemenag sudah terjadi kesepakatan yang menyatakan penggunaan cadar bukan parameter ketakwaan.

"Semua samain sikap, tidak ada aturan aturan (menggunakan cadar) dan bukan ukuran ketakwaan," tegas Fachrul Razi.

Berita Terkait

Menteri Agama Menyoroti Celana Cingkrang Di Kalangan Instansinya Menteri Agama Menyoroti Celana Cingkrang Di Kalangan Instansinya
Lukman Hakim Serahkan Jabatan Menag Ke Fachrul Razi Lukman Hakim Serahkan Jabatan Menag Ke Fachrul Razi
Kapolri Nilai Sikap Radikal Bisa Positif, Jika... Kapolri Nilai Sikap Radikal Bisa Positif, Jika...

#cadar #Aksi Radikalisme #Kemenag #Fachrul Razi #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar