Nasdem Buka Peluang Jadi Oposisi Karena Tak Puas Susunan Kabinet

Menteri-Menteri Kabinet Indonesia Maju

Arah -Direktur Eksekutif Political and Public Policy Studies Jerry Massie menyebutkan, sikap politik Partai Nasional Demokrat (NasDem) yang membuka peluang menjadi partai oposisi lantaran tidak puas dengan susunan kabinet yang dibentuk oleh Presiden Joko Widodo.

"Saya perhatikan ada permintaan secara spesifik Nasdem yang tak bisa terpenuhi," kata Jerry menanggapi pertemuan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dan Ketua Umum PKS Sohibul Iman, di Jakarta, Jumat (01/11).

Menurut dia, kekecewaan Surya Paloh memang sudah nampak saat bertemu dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Bahkan, NasDem coba membuka hubungan dan komunikasi politik dengan PKS.

"Apakah ini namanya ada udang di balik batu. Saya istilahkan Nasdem "ngambek politik". Padahal mereka punya menteri di kabinet, yakni Menteri Kehutanan Siti Nurbaya, Menteri Pertanian Yasin Limpo dan Menkominfo Jhonny Plate," tuturnya.

Ia pun mempertanyakan sikap politik NasDem yang membangun komunikasi politik dengan PKS yang terang-terangan akan menjadi partai oposisi.

Menurut Jerry, tak menutup kemungkinan Partai NasDem tidak merasa puas dengan susunan Kabinet Indonesia Maju.

Hal itu dikarenakan ada sejumlah jabatan menteri yang saat ini tidak lagi dipegang oleh kader Partai Nasdem, yakni Menteri Perdagangan dan Jaksa Agung.

Baca Juga: Bela Anies Baswedan, NasDem Redam Polemik Anggaran DKI
Ini Perlawanan Anies Soal Ramainya Isu ABPD DKI yang Viral

Pada periode lalu, Menteri Perdagangan dijabat oleh Enggartiasto Lukita dan Jaksa Agung oleh Muhammad Prasetyo. Keduanya merupakan politisi Partai NasDem.

Indikator lain, yakni bergabungnya Partai Gerindra dalam koalisi pendukung pemerintah.

"Apakah masuknya Prabowo memengaruhi point of view (sudut pandang) Surya Paloh. Ataukah hubungan antara Megawati dan Surya Paloh yang sempat bersitegang sebagai kunci persoalannya, atau hanya shock therapy terhadap koalisi pemerintah," jelas Jerry.

Berita Terkait

Pendapat Pengamat Soal Hak Veto Menko Kabinet Jokowi Pendapat Pengamat Soal Hak Veto Menko Kabinet Jokowi
Sertijab Hari Ini, Agus Gumiwang Resmi Jadi Menteri Perindustrian Sertijab Hari Ini, Agus Gumiwang Resmi Jadi Menteri Perindustrian
Tito Karnavian, Dari Kapolri Kini Jadi Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Dari Kapolri Kini Jadi Menteri Dalam Negeri

#Partai Nasdem #kabinet baru #kabinet jokowi #Oposisi #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar