Ayu Dyah Andari Sulap Limbah Jadi Fashion Hijab

Ayu Dyah Andari (Foto: She.id/Nur Faizah)

Arah -  Dikalangan fashionista, nama Ayu Dyah Andari tentu sudah tak asing lagi. Wanita dengan galr teknik industri ini banting stir menjadi desainer muslim.

Seiring perkembangan fashion muslim, ayu tak pernah berhenti akan inovasinya didunia yang ia geluti saat ini, Ia masuk ke dalam jajaran desainer muslim ternama di Tanah Air, dan tergabung dalam Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI).

Tergerak akan kelesatarian lingkungan, Desainer 33 tahun itu mengusung konsep sustainable fashion.

"Sebisa mungkin aku pakai bahan alami dan memakai aplikasi dari kain perca. Itu kan menambah nilai baju sekaligus memberdayakan pekerja," ujar Ayu di acara Road to Event Fashion Rhapsody, Jakarta,

Ayu menjelaskan, tantangan terbesar dalam mengolah limbah mode sebagai ornamen busana adalah penyesuaian harga. Pasalnya, baju harus dibuat jadi lebih cantik tanpa membuat harga melambung tinggi.

Baca Juga: Siswa Tertidur di Kelas, yang Dilakukan Gurunya Malah Buat Ketawa
Begini Cara Erick Thohir Tetapkan Pembagian Tugas Dua Wamenya

"Apalagi bahan-bahanku bukan bahan murah seperti tille, organdi dan satin. Jadi kalau ada sedikit aja sisa pasti kain percanya disolder jadi satu. Sampai yang paling kecil ukurannya juga bisa," ujar Ayu

Desainer wanita kelahiran 12 juni 1986 itu memakai teknik kreatif untuk mengolah sisa-sisa kain. Seperti bahan satin dan tille yang dikepang menjadi ornamen hijab. Ada juga bahan katun dan organdi yang disolder menjadi kelopak bunga.

Jika diperhatikan, selalu ada detail bunga mawar di setiap rancangan desainer yang berkiblat pada gaya Eropa klasik itu.

"Aku memang akrab dengan dekorasi khas Eropa kuno. Makanya garis desainku terlihat klasik dan didominasi oleh bunga mawar," jelas Ayu.

Berita Terkait

Begini jurus Perancang Busana Muslim Bersaing dengan Merek Global Begini jurus Perancang Busana Muslim Bersaing dengan Merek Global
Pegadaian Raih Gelar 'The Best BUMN 2019' Pegadaian Raih Gelar 'The Best BUMN 2019'
Fatwa Dikriminalisasi, MUI Seperti Akan Dilenyapkan? Fatwa Dikriminalisasi, MUI Seperti Akan Dilenyapkan?

#fashion #Fashion Muslim #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar