Ibadah 'Pengganti' Bagi Kamu yang Belum Mampu Haji dan Umrah

Ilustrasi ibadah haji di Tanah Suci Mekkah (sumber: biayaumroh.net)

Arah - Menunaikan ibadah haji, tentulah menjadi dambaan setiap Muslim. Sebagai rukun Islam yang kelima, berhaji menjadi penyempurna bagi empat rukun Islam lainnya yaitu syahadat, salat, zakat dan puasa.

Berhaji dikatakan sebagai ‘penyempurna’ rukun Islam, karena siapa pun yang hendak menunaikan ibadah ke tanah suci itu, memerlukan kesiapan fisik, mental dan juga harta.

Mereka yang belum mampu ata memiliki kesempatan berhaji, paling tidak dapat memilih ibadah umroh sebagai kesempatan untuk ziarah ke tanah suci dan menyaksikan langsung ka’bah.

Namun bagi umat Muslim yang belum diberi kesempatan melakukan kedua-duanya, tak perlu berkecil hati. Ada ibadah yang bisa dilakukan, dengan ganjaran sama dengan ibadah haji dan umroh.

Baca Juga: Quran & Hadis Jelaskan 3 Hal Ini Jadi Tanda Ajal Kamu Sudah Dekat
Penjelasan Sederhana Akan Keberadaan Allah SWT

Yaitu dengan mengerjakan salat Dhuha ada pahala besar berupa pahala seperti orang yang haji dan umrah yang diterima oleh Allah. Barangkali kemuliaan ini masih belum diketahui oleh banyak orang.

Bunyi hadisnya;

“Barangsiapa salat subuh dengan berjamaah, kemudian duduk berdizkir kepada Allah sampai matahari terbit, lalu shalat dua rakaat, dia mendapat pahala seperti haji dan umrah yang sempurna, sempurna, sempurna.” (HR. Turmudzi).

Berita Terkait

Pemerintah Harus Umumkan Travel Haji-Umroh yang Kredibel Pemerintah Harus Umumkan Travel Haji-Umroh yang Kredibel
Kemenag Bangun 16 Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu Kemenag Bangun 16 Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu
Demi Kebanggaan Bangsa, Indonesia Perlu Punya Hotel Haji di Arab Demi Kebanggaan Bangsa, Indonesia Perlu Punya Hotel Haji di Arab

#Umrah #haji #hadis #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar