Kepala BPIP Sebut Tantangan Babinsa Perang Non Fisik

Dok Plt Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Hariyono (Antara/HO)

Arah - Plt Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Hariyono mengatakan pihaknya ,emjadikan Bintara Pembina Masyarakat (Babinsa) sebagai sasaran pertama di lingkungan TNI AD dalam pelaksanaan pendidikan dan pelatihan pembinaan Ideologi Pancasila. Menurutnya, tantangan Babinsa saat ini bukan perang fisik, tetapi perang non fisik.

"Babinsa yang setiap hari hidup dan bersama dengan masyarakat, menjadi pilihan BPIP sebagai sasaran pertama di lingkungan TNI AD dalam pelaksanaan pendidikan dan pelatihan pembinaan Ideologi Pancasila," ujar Hariyono saat membuka Diklat Pembinaan Ideologi Pancasila Bagi Babinsa se-Indonesia di Medan yang berlangsung hingga Jumat (8/11/2019).

Dia berharap setelah Diklat selesai, Pancasila bukan berhenti di tataran pidato atau diskusi dalam ruangan, tetapi harus dikembangkan ke seluruh elemen masyarakat.

"Sebab, Babinsa yang mengikuti Diklat ini, tidak hanya mampu berperang secara fisik, tetapi juga mampu melakukan perang secara pikiran untuk membumikan Pancasila di seluruh elemen masyarakat di Nusantara," katanya.

Baca Juga: 'Pancasila yang Terbaik Bagi Indonesia'
Bicara Pancasila di Hadapan Warga, ini Paparan Cucu Bung Karno

Diklat dibuka Plt Kepala BPIP Hariyono didampingi Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhilah, Waaster Kasad Brigjen TNI Gathut Setyo Utomo, Deputi Bidang Diklat BPIP Dr Beby Siti Salamah, MPsi, dan Plt Direktur Penyelenggaraan Diklat BPIP Kolonel Kav Marsudi Sarwono.

Diklat diikuti 100 Babinsa yang berasal dari seluruh Kodam di jajaran TNI AD. Diklat dihadiri Aster Kasdam I/BB Kolonel Inf Parluhutan Marpaung, dan Pabandya Kodam I/BB Letkol Kav Fery Lahe.(ant)

Berita Terkait

Sandiaga Uno Diperiksa Polda Metro Sandiaga Uno Diperiksa Polda Metro
Dituding Keliru Oleh Sylviana Murni, Ini Balasan Polri Dituding Keliru Oleh Sylviana Murni, Ini Balasan Polri
Tiru Kalsel, Sandiaga Janjikan Pasar Terapung di Kepulauan Seribu Tiru Kalsel, Sandiaga Janjikan Pasar Terapung di Kepulauan Seribu

#BPIP #Hariyono #Pancasila #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar