Tanpa Lionel Messi, Barcelona Bisa Apa?

Dok Lionel Messi (Foter.com/Jeroen Bennink)

Arah -Bercelona masih sulit untuk tidak bergantung kepada Lionel Messi. Musim ini ketergantungan Blaugrana kepada La Pulga sepertinya masih akan berlanjut.

Barcelona baru saja gagal mengamankan 3 poin setelah ditahan imbag Slavia Praha 0-0 pada matchday 4 Liga Champions, Rabu (6/11/2019) dinihari WIB. Bermain di depan publiknya, Barcelona tak mampu menbobol gawang tim tamu.

Penampilan Barcelona memang tidak baik-baik saja saat menjamu Slavia Ptraha. Meski mendominasi permainan dengan 14 tembakan, Barcelona tak mampu menyempurnakan salah satunya menjadi gol.

Ketergantungan lini serang Bercelona kepada Messi jelas terlihat gamblang. Dari total 14 percobaan yang dilakukan Blaugrana, delapan di antaranya atau lebih dari separuhnya diciptakan Messi. Dua penyerang lainnya, Ousmane Dembele dan Antoine Griezmann bahkan tanpa satu pun peluang.

Hasil tanpa kemenangan ini menjadi yang kedua beruntun di semua kompetisi. Sebelumnya, tim asuhan Ernesto Valverde, bahkan dipermalukan Levante 1-3 pada laga lanjutan Liga Spanyol akhir pekan lalu.

Situasi saat dikalahkan Laventu kuran lebih sama, Barcelona melepaskan 9 tembakan, lima di antaranya atau lebih dari setengahnya merupakan kreasi Messi. Sedangkan gabungan Luis Suarez, Ansu Fati, dan Griezmann hanya membuat empat percobaan.

Meski sempat absen dalam beberapa pertandingan, Messi telah mengemas 6 gol di semua ajang. Kapten timnas Argentina hanya kalah dari Suarez yang lebih rutin bermain dengan torehan delapan gol.

Baca Juga: Tanpa Lionel Messi, Barcelona Bukan Tim Superior
Messi Cetak Gol Lagi, Trio MSG Barcelona Wajib Diwaspadai

Ketergantungan Bercelona Messi juga diungkapkan Pelatih Villarreal Javi Calleja. Bahkan dia berani menyebut tanpa Messi, Los Cules hanya tim biasa saja.

Pernyataan Calleja tidak terlalu berlebihan. Sebelum ditarik keluar karaena cedera, Messi membuat Barcelona tampil ofensif dan memimpin 2-1 hingga jeda. Messi membuat satu assist untuk gol pembuka Griezmann.

"Tanpa Messi, mereka tidak superior dan itu sudah terbukti. Tapi kami tahu cara menghentikan mereka. Kami tidak mampu mencetak gol lagi atau bertahan lebih baik di awal laga," ujarnya dikutip dari Sportskeeda usai timnya kalah 1-2 di Camp Nou Rabu (25/9/2019) dinihari WIB.

Penilaian senada disampaikan eks manajer Arsenal, Arsene Wenger. Barcelona saat ini, lanjut dia tidak menakutkan dan terlalu bergantung kepada Messi.

"Mereka (Barcelona) punya sejarah sebagai tim brilian yang bermain secara kolektif, dan Messi menjadi puncak dari semuanya untuk membuat perubahan," kata Wenger dikutip Marca.

Berita Terkait

Penelitian Ungkap Messi Atau Ronaldo yang Terbaik            Penelitian Ungkap Messi Atau Ronaldo yang Terbaik
Tanpa Lionel Messi, Barcelona Bukan Tim Superior Tanpa Lionel Messi, Barcelona Bukan Tim Superior
Ukir Sejarah Baru, Lionel Messi Lewati Eks Kapten Real Madrid Ukir Sejarah Baru, Lionel Messi Lewati Eks Kapten Real Madrid

#Barcelona #La Liga #Liga Spanyol #Lionel Messi #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar