Tak Hanya NasDem, Anies Dilirik Parpol Lain untuk Pilpres 2024

Foto Anies Baswedan

Arah - Pakar komunikasi politik Universitas Pelita Harapan Doktor Emrus Sihombing menilai kehadiran Anies membuka kongres Nasdem menguatkan sinyal dukungan untuk Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden tahun 2024.

“Saya katakan, iya, menguatkan sinyal Anies bakal diusung NasDem,” kata Emrus.

Menjadi hal tidak biasa, jika agenda nasional partai politik diserahkan kepada gubernur untuk membuka dan membacakan sambutan. Kebiasaan selama ini, jika partai berkongres, kesempatan itu diberikan kepada presiden untuk membukanya.

Direktur Eksekutif Emrus Corner itu mengatakan dari kajian ilmu politik setiap langkah yang dilakukan parpol, pasti didasari pertimbangan politik, apalagi ketika melakukan kegiatan selevel kongres.

Baca Juga: Mahfud MD: Tidak Pernah Lihat Ada Surat Pencekalan Habib Rizieq
KPK Panggil Putra Yasonna Laoly Kasus Suap Proyek dan Jabatan

Walaupun perkembangan politik ke depan masih sangat dinamis, namun kata Emrus, tidak menutup kemungkinan panggung Anies kelanjutan dari pertemuan di Gondangdia lalu.

“Peluangnya ada, dan bukan hanya dilirik oleh NasDem, melainkan juga tidak menutup kemungkinan parpol-parpol lain,” ujar Emrus.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komaruddin mengatakan Partai Nasdem memberikan "panggung" pada Anies Baswedan untuk menunjukkan parpol itu sedang mencari figur pertarungan Pemilu 2024.

Komunikasi yang sama juga dilakukan Nasdem saat mengusung Ridwan Kamil dari Wali Kota Bandung menjadi Gubernur Provinsi Jawa Barat.

"Tidak bisa dinafikan, Anies memang memiliki kapabilitas untuk jadi salah satu figur yang bisa berkompetisi di 2024,” kata Ujang.

Meskipun Nasdem membuka komunikasi dengan Anies Baswedan, bukan berarti Surya Paloh sudah menjatuhkan pilihan pada Gubernur DKI itu untuk menjadi sosok yang akan diusung.

Berita Terkait

Anies Buka Kongres II Sinyal Kuat Figur Capres Nasdem 2024 Anies Buka Kongres II Sinyal Kuat Figur Capres Nasdem 2024
Anies Baswedan Bagian Keluarga Besar Partai Nasdem Anies Baswedan Bagian Keluarga Besar Partai Nasdem
Nasdem dan PKS Siapkan Anies untuk Pilpres 2024 Nasdem dan PKS Siapkan Anies untuk Pilpres 2024

#Partai Nasdem #Anies Baswedan #Pilpres 2024 #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar