Kemenag Kirim Tim Mediasi Penolakan Ritual Keagamaan di Bantul

Menteri Agama Fachrul Razi (Antara/Desca Lidya Natalia)

Arah -Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi akan mengirim tim mediasi terkait penolakan sejumlah warga atas pelaksanaan Piodalan, upacara keagamaan umat Hindu di Dusun Mangir Lor, Desa Sendangsari, Pajangan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. pada 12 November 2019 lalu.

Menag mengatakan tengah mempelajari duduk persoalannya. Pihaknya akan menjembatani agar bisa ditemukan solusi.

“Saya pasti akan nanya apa masalahnya. Saya akan kirim tim untuk menengahi, mencoba menjembatani satu per satu, case by case untuk dimusyawarahkan,” ujarnya di Jakarta, Kamis (14/11/2019).

Baca Juga: Kemenag Gagas Inovasi Tingkatkan Layanan Haji
Kemenag Bangun 16 Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu

Piodalan di Mangir Lor digelar untuk memperingati wafatnya Mahalingga Padma Bhuwana Manggir. Upacara tersebut sedianya digelar selama dua sesi mulai pukul 13.00 WIB-18.00 WIB.

Awalnya Piodalan berjalan lancar, kemudian ada sejumlah warga yang berkumpul di sekitar jalan masuk lokasi dan mencegat para tamu.

Sekitar pukul 15.00 WIB, Kapolsek Pajangan AKP Sri Basariah datang dan menyampaikan keberatan warga. Dia menilai situasi sudah tidak kondusif dan meminta prosesi upacara disudahi. Permintaan ini dipenuhi panitia.

Berita Terkait

Kemenag Gagas Inovasi Tingkatkan Layanan Haji Kemenag Gagas Inovasi Tingkatkan Layanan Haji
 Proyek kereta Jakarta-Surabaya Dikelola Otoritas Kusus	      Proyek kereta Jakarta-Surabaya Dikelola Otoritas Kusus
Teknologi Cerdas Dukung Proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Teknologi Cerdas Dukung Proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya

#Kemenag #Ritual Keagamaan #Agama Hindu #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar