Literasi Digital Agar Masyarakat Tak Mudah Berikan Data Pribadi

Media sosial (Flickr/Christian)

Arah - Perkembangan teknologi informasi memberikan banyak kemudahan dan dampak positif kepada masyarakat, salah satunya meningkatkan nilai tambah perekonomian. Nsmun di balik potensi besar itu, ada juga dampak negatifnya.

Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo Rosarita Niken Widiastuti mengingatkan masyarakat lebih berhati-hati dalam menyebarkan data pribadi mereka ke dunia maya.

"Di balik potensi yang luar biasa dari perkembangan teknologi informasi ini, tentunya ada hal-hal negatif yang perlu kita waspadai," ujarnya di Jakarta.

Pemerintah, lanjut Niken, memberikan perhatian penuh agar data pribadi setiap warga negara terlindungi. Terkait dengan itu, Kementerian Kominfo memiliki program literasi digital.

"Kita perlu memberikan literasi kepada masyarakat agar tidak pernah memberikan data-data pribadi kita kepada siapapun, kecuali memang kita punya tujuan misalnya, buka rekening atau apapun yang memang terpercaya," kata Niken.

Baca Juga: Jangan Sembarangan Bagikan Data Pribadi di Media Sosial
Susul Instagram, TikTok Luncurkan Fitur Belanja

Niken menegaskan pemerintah membuka ruang kepada semua pihak yang mendorong pentingnya literasi digital.

"Jadi, kolaborasi antara pemerintah, dunia bisnis dan juga lembaga swadaya masyarakat atau gerakan siber kreasi atau relawan TIK ini sangat penting sekali. Data sekarang itu adalah aset yang sangat luar biasa sekali," imbuhnya.

Kementerian Komunikasi dan Informatika meluncurkan Literasi Privasi dan Keamanan Digital. Dalam peluncuran ini, Kemenkominfo melibatkan SiberKreasi dan platform WhatsApp untuk memberikan edukasi pentingnya perlindungan data pribadi.

Berita Terkait

Jual Beli Data Pribadi Langgar Hukum dengan Ancaman Pidana       Jual Beli Data Pribadi Langgar Hukum dengan Ancaman Pidana
Cara Kemenkominfo Tangkal Konten Hoaks Cara Kemenkominfo Tangkal Konten Hoaks
Data Pribadi Penumpang Bocor, Lion Air Diminta Lakukan Pengamanan Data Pribadi Penumpang Bocor, Lion Air Diminta Lakukan Pengamanan

#data pribadi #perlindungan data pribadi #Kemenkominfo #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar