Pantangan Suami saat Istri Sedang Hamil, Mitos atau Fakta?

Ilustrasi Istri Hamil (Sumber Google)

Arah - Familiar tidak dengan beragam pantangan suami saat istri hamil?

Contohnya seperti pendapat yang mengatakan kalau suami kalau istri hamil tidak boleh memancing ikan, tidak boleh mencukur rambut, tidak boleh menyakiti atau membunuh orang, atau malah pandangan yang percaya bahwa saat istri hamil suami sebaiknya tidak perlu meminta ‘jatah’ untuk melakukan aktivitas seks?

Sementara, banyak orang tua yang memberikan petuah soal pantangan suami saat istri hamil. Pantangan apa saja?

1. Pantangan suami saat istri hamil, suami tidak boleh menyakiti dan membunuh binatang

Pandangan ini sering kali muncul dari masyarakat Jawa. Menurut adat Jawa, jika suami melakukannya saat istri hamil bisa memengaruhi tumbuh kembang janin yang tengah di kandung. Di mana janin bisa lahir dengan kondisi tidak sempurna atau dalam kondisi cacat.

Baca Juga: Viral! Penjelasan Ilmiah Memancing Lele Menggunakan Soda & Permen
Terungkap Kekuatan Belut Listrik yang Bisa Lumpuhkan Manusia

2. Suami tidak boleh merendam cucian terlalu lama

Bagaimana dengan pantangan suami saat istri hamil yang satu ini? Apakah Anda pernah mendengar sebelumnya?

Ya, sampai saat ini masih ada masyarakat yang percaya bahwa pantangan ini bisa menyebabkan kaki ibu hamil menjadi bengkak dan sulit untuk bergerak.

Dikatakan oleh dr. Yusfa Rasyid, hal ini tentu saja termasuk mitos belaka. Kaki bengkak ibu hamil bukan disebabkan oleh suami yang melanggar pantangan dengan merencam cucian terlalu lama.

Kaki bengkak pada ibu hamil sebenarnya merupakan suatu hal wajar dan normal terjadi. Hal ini dikarenakan perubahan kadar hormon, yang bisa memicu tubuh menahan lebih banyak cairan dan garam.

3. Suami tidak boleh menjahit kain dengan jarum

Saat istri sedang hamil, baik suami maupun istri tidak boleh menjahit kain dengan jarum. Konon tindakan ini bisa berisiko membuat janin dalam perut menjadi cacat saat dilahirkan.

Mitos yang satu ini memang tidak berbeda jauh dari pantangan yang mengatakan suami tidak boleh menyakiti dan membunuh binatang. Pandangan ini pun jelas hanya mitos belaka.

4. Saat istri hamil, sebaiknya tidak perlu melakukan hubungan seksual

Pertanyaan terkait apakah saat istri hamil, suami boleh melakukan hubungan seksual masih sering kali muncul. Biasanya, kekhawatiran ini akan muncul bagi calon orangtua baru. Padahal, melakukan hubungan seksual saat istri hamil sebenarnya aman untuk dilakukan.

Namun, memang ada beberapa kondisi yang perlu diperhatikan lebih dulu. Rasa was-was jika saat melakukan hubungan seksual bisa mengganggu bahkan membahayakan janin, sebenarnya tidak perlu.

Berita Terkait

Hati-hati, Bawa Pekerjaan ke Rumah Ternyata Bisa Merusak Hubungan Hati-hati, Bawa Pekerjaan ke Rumah Ternyata Bisa Merusak Hubungan
Terkuak! Banyak Suami Takut Istri, ini Sebabnya Kata Survei Terkuak! Banyak Suami Takut Istri, ini Sebabnya Kata Survei
Bagaimana Hukumnya Istri Mengambil Uang Suami Tanpa Izin? Bagaimana Hukumnya Istri Mengambil Uang Suami Tanpa Izin?

#Suami-Istri #Suami Istri #Tips Suami Istri #Istri Hamil #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar