Gawat, Kapal Pengangkut Sembako Terbakar di TanjunMas Semarang

Kapal pengangkut sembako terbakar

Arah -  Sebuah kapal bermuatan sembako yang sedang bersandar di dermaga pos satu Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang terbakar, pada Kamis (21/11/2019). 

Kobaran api semula menyambar badan kapal saat para anak buah kapal (ABK) sibuk mengerjakan aktivitas bongkar muat sekitar pukul 13.00 WIB.

"Sekitaran jam satu siang saya saya lihat pas kapal lagi bongkar muat, entah kenapa tiba-tiba ada kepulan asap dari dalam. Karena angin yang kencang, apinya cepat merambat ke seluruh badan kapal," aku Yulius Tato, seorang saksi mata.

Yulius mengatakan, kapal yang terbakar milik PT Citra Mandiri Raya. Menurutnya kapal itu mengangkut sembako dari Pelabuhan Ketapang, Kalimantan Barat, menuju Tanjung Emas.

Saat terbakar, ia melihat para ABK kapal Citra Mandiri dilanda kepanikan. Sejumlah ABK yang panik bergegas turun meninggalkan kapal. Ia menduga kebakaran kemungkinan dipicu korsleting listrik di dalam kapal. "Karena kapalnya kan dari kayu. Mungkin di dalamnya ada korsleting listrik. Di dalamnya banyak barang-barang sembako dan gas elpiji,".

Baca Juga: Walhi Sebut Proyek Kereta Cepat Munculkan Masalah Lingkungan
Bikin Adem, Ratu Yordania Unggah Foto Raja Salat di Padang Pasir

Ia mengaku beruntung kobaran api tak merembet ke kapalnya.  "Setiap hari kapal saya sebenarnya parkirnya tepat di belakang kapal yang terbakar itu. Tapi karena kemarin ada tambatan tali yang diperbaiki, jadinya saya pindahkan ke pos dua. Eh gak tahunya kapalnya Citra Mandiri malah terbakar," terangnya.

Pantauan di lokasi, dua truk damkar masih berusaha memadamkan api. Kapal Basarnas yang kebetulan parkir di belakang kapal Citra Mandiri juga membantu menyemprotkan air untuk melokalisir kebakaran.

Maryono, seorang petugas KSOP Semarang menyatakan kondisi angin yang kencang menyulitkan proses pemadaman.  Ia bilang dermaga pos satu memang rutin dipakai untuk bersandar kapal-kapal kayu yang membawa sembako dari Kalimantan. "Di sini kebanyakan untuk bongkar muat kapal sembako. Makanya kita sedang antisipasi supaya kebakarannya tidak merembet ke kapal lainnya," tandasnya./Ade/

Berita Terkait

Inflasi Jakarta Rendah Karena Turunnya Harga Makanan Inflasi Jakarta Rendah Karena Turunnya Harga Makanan
Suhu Di Jakarta Meningkat, Teknisi AC Kewalahan Layani Konsumen Suhu Di Jakarta Meningkat, Teknisi AC Kewalahan Layani Konsumen
Jawaban Anies Ditanya Kekerasan Terhadap Perempuan-Anak di DKI Jawaban Anies Ditanya Kekerasan Terhadap Perempuan-Anak di DKI

#Kapal #Kapal Terbakar #sembako #jawa tengah #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar