Pesan Istana Kepada Ahok Yang Jabat Komisaris Utama di Pertamina

Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) (Foto Arah.com/Gilang Syahbani)

Arah - Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan sejumlah nama yang menjadi komisaris maupun direksi BUMN.

Nama-nama tersebut adalah Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sebagai Komisaris Utama PT Pertamina. Ahok akan didampingi Wakil Menteri BUMN Budi Gunawan Sadikin sebagai Wakil Komisaris sedangkan Direktur Keuangan adalah Emma Sri Martini.

Selanjutnya ada Pahala N Mansury sebagai Direktur Utama BTN sedangkan Komisaris Utama BTN adalah Chandra Hamzah. Erick Thohir juga mengangkat Orias Petrus Moedak menjadi Dirut PT Inalum (Persero).

"Proses rekrutmen seseorang menjadi direksi terutama direktur utama maupun komisaris utama di BUMN itu melalui tim penilai akhir(TPA). Dimana ketuanya Presiden, sekretarisnya saya, kemudian Pak Erick dan menteri terkait. Nah dalam proses itu, prosesnya panjang. Kita lihat berbagai faktor," ungkap Sekretaris Kabinet Pramono Anung di kantornya di Jakarta, Senin (25/11).

Pramono menilai nama-nama tersebut sudah mempertimbangkan kebutuhan Indonesia saat ini.

Baca Juga: Tak Mudah, Ini Jalan Terjal yang Harus Dilalui Ahok di Pertamina
Pidato Soal PKI Mengatasnamakan Menhan, Gerindra: Tanpa Persetujuan Prabowo

"Kenapa diputuskan pak Ahok jadi komisaris utama di Pertamina, karena memang kita menyadari bahwa persoalan bangsa ini salah satunya mengenai 'curent account deficit dan itu yang memberikan kontribusi cukup besar adalah Pertamina dan PLN. Maka dengan program B20, yang sekarang B30, kalau di internalnya Pertamina tidak dilakukan pembenahan, impor minyaknya sangat besar, inilah yang menyebabkan tekanan terhadap neraca transaksi berjalan kita sehingga dengan demikian penugasan Pak Ahok paling utama di Pertamina adalah hal-hal berkaitan dengan itu, untuk memberikan pengawasan jangan sampai Pertamina tidak mau berubah," jelas Pramono.

Berita Terkait

Ditanya Soal Mafia Migas, Begini Reaksi Tak Terduga Ahok Ditanya Soal Mafia Migas, Begini Reaksi Tak Terduga Ahok
Ahok: Masyarakat Bisa Lihat Hasil Kerja Kita Nanti Ahok: Masyarakat Bisa Lihat Hasil Kerja Kita Nanti
Sah! Resmi Ahok Jabat  Komisaris Utama PT Pertamina Sah! Resmi Ahok Jabat Komisaris Utama PT Pertamina

#Pramono Anung #Sekretaris Kabinet #Basuki Tjahaja Purnama #Pertamina #BUMN #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar