Ini Manfaat Tersembunyi Siwak yang Jarang Diketahui

Ilustrasi pria saat menggunakan siwak (Sumber Google)

Arah - Membersihkan gigi menggunakan siwak bukanlah hal yang banyak dilakukan mayoritas muslim Indonesia Indonesia. Padahal bersiwak adalah cara sunah yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW.

Salah satu hal yang menyebabkan rendahnya penggunaan siwak di Indonesia adalah karena bahan dasar siwak yang bukan berasal dari Indonesia. Di Timur Tengah, siwak berasal dari pohon Arak (Salvadora Persica), pohonnya kecil seperti semak belukar, rantingnya kecil, berwarna putih, dengan serat lembut dan aroma yang khas.

Baca Juga: Dijamin Seru, Ini Bocoran Pemain Film 'Guru-guru Gokil'
Sayuran Murah, Jika Dikonsumsi Kamu akan Memiliki Khasiat Ajaib

Batang kayu siwak memiliki kandungan yang berkhasiat untuk kesehatan gigi dan mulut. Bahkan, World Health Organization (WHO) pada 1986 telah merekomendasikan penggunaan siwak untuk membersihkan gigi dan mulut.

Semua itu bukan tanpa alasan. Salah satu penelitian yang dilakukan sejumlah dokter gigi dari King Saud University (KSU), Arab menunjukkan, proses mengunyah siwak secara berulang menghasilkan getah segar dan silika yang berfungsi membersihkan dan memutihkan gigi.

Seperti halnya pasta gigi, siwak juga mengandung fluoride dan zat lainnya yang berfungsi melindungi lapisan email pada gigi. Antiseptik alami dalam siwak juga diketahui dapat membunuh mikroorganisme berbahaya dalam mulut dan menjadikan mulut lebih wangi dan segar.

Berita Terkait

Penambahan Anggota DPR Diyakini Tak Akan Bebani Negara Penambahan Anggota DPR Diyakini Tak Akan Bebani Negara
Marsha Timothy Terpilih Jadi Aktris Terbaik di Spanyol Marsha Timothy Terpilih Jadi Aktris Terbaik di Spanyol
Kawal Pemeriksaan Rizieq, FPI Siap Geruduk Mapolda Metro Jaya Kawal Pemeriksaan Rizieq, FPI Siap Geruduk Mapolda Metro Jaya

#Siwak #Nabi Muhammad SAW #Sunah Rosul #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar