Bahayakah Jika Kamu Menelan Permen Karet? Ini Fakta dan Mitosnya...

Ilustrasi mengunyah permen karet (Shutterstock)

Arah - Menurut sebagian orang mengunyah permen karet dapat meningkatkan kosentrasi, selain itu, ada juga yang mengatakan jika mengunyah permen karet dapat melawan stress dan rasa gelisah.

Sampai sekarang, banyak fakta hingga mitos yang juga ikut bermunculan tentang efek mengunyah permen karet.

Lalu bagaimana jika kamu sedang asik-asiknya mengunyah permen karet tanpa sengaja kamu menelannya. Ada mitos yang beredar mengatakan, permen karet akan mengendap dalam tubuh selama tujuh tahun. Benarkah demikian? Simak fakta dan mitosnya.

MITOS

Menurut penjelasan Dr Lisa Ganjhu, dari NYU Langone Medical Center di New York, tentang efek yang akan dialami oleh sistem pencernaan manusia setelah permen karet tidak sengaja tertelan.

Ahli gastroenterologi ini juga menerangkan, bahwa permen karet sebenarnya bisa dapat melewati tubuh kamu, hanya saja permen karet sedikit lebih sulit untuk dicerna tubuh.

"Saluran GI (saluran gastrointestinal atau disingkat GI adalah saluran panjang yang terdapat di tubuh dari mulut ke anus) Anda sangat kuat. Jika ini bisa mencerna daging steak yang alot, maka GI juga mampu mencerna permen karet," tutur Ganjhu, dikutip dari The Sun.

Baca Juga: Lewat Travel Blogger Singapura, Indonesia Promosikan Wisata Belitung
Di Tangan Prabowo, Mampukah Indonesia Kembali Jadi Macan Asia?

Jadi di dalam perut kamu, sudah dibekali oleh gerak peristaltik di lambung, asam dan enzim untuk menghancurkan dapat berguna menghancurkan permen karet, meskipun memang tidak akan tergerus abis jika menempel dibagian usus kecil kamu.

"Permen karet juga tidak hancur di dalam usus kecil, tidak seperti makanan lainnya. Namun, kabar baiknya adalah tubuh Anda akan mencerna permen karet pada akhirnya," Tambah Ganjhu.

Jadi mitos yang selama ini beredar adalah salah.

"Begitu masuk, permen karet akan keluar seperti makanan yang lain yang juga kita konsumsi," tutup Ganjhu..

FAKTA

Seorang ahli gastroenterologi di University of Chicago dan Associate Director of Adult Nutrition, Edwin McDonald juga memberikan penjelasan bahwa mengunyah permen karet berulang kali.

"Menelan permen karet berulang kali dapat menyebabkan bezoar, sejumlah kecil bahan yang tidak bisa dicerna yang berpotensi menyebabkan penyumbatan usus," katanya.

Jadi, kamu tidak perlu khawatir jika hanya sesekali menelan permen karet, karena tidak akan berdamapk apa-apa kepada tubuh.

Berita Terkait

Mengapa Menggaruk dan Menguap Bisa Menular? Ini Jawabannya Mengapa Menggaruk dan Menguap Bisa Menular? Ini Jawabannya
Mana yang Lebih Pintar, Kucing atau Anjing? Ini Jawabannya Mana yang Lebih Pintar, Kucing atau Anjing? Ini Jawabannya
Ini Rahasia Kenapa Pasangan Memiliki Wajah Mirip Satu Sama Lain Ini Rahasia Kenapa Pasangan Memiliki Wajah Mirip Satu Sama Lain

#permen karet #bahaya permen karet #pencernaan #Tubuh Manusia #Fakta Baru #Fakta Unik #mitos #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar