Beberapa Fakta Tentang Nasi Kucing Yang Masih Belum Diketahui Orang

Nasi Kucing (istimewa)

Arah - Pasti pada Sudah Tahu Kuliner unik yang berbentuk Kecil, porsi isi Makanannya sediki dan biasanya di jual pinggir jalan, nama makanan itu ialah nasi kucing atau dalam bahasa jawanya sega kucing.

Pengertian dari Nasi Kucing itu sendiri ialah nasi putih yang disajikan dengan sambal dan ikan bandeng atau teri, lalu dibungkusnya dengan memakai daun pisang atau kertas minyak, dalam porsi sedikit dan dijual di angkringan pinggir jalan.

Tetapi tahukan kalian bahwa ada beberapa fakta yang ada pada kuliner nasi kucing dan fakta itu masih ada yang belum mengetahui.

Kenapa kuliner itu dinamakan nasi kucing? karena ternyata hidangan porsi yang ada pada nasi kucing sama persis ketika seseorang mengasih makan kepada kucing. ya bisa diliat sangat sedikit.

Baca Juga: Begini Reaksi M'ruf Amin Terkait Ledakan di Monas
Jadi Staf Milenial Presiden, Ini Cerita Angkie Saat Pertama Kerja di Istana

Fakta yang selanjutnya, Di solo biasanya berjualan nasih kucing itu di jual di hik, hik itu ialah suatu idiom yang bersumber dari lagu rakyat yang dinyanyikan pada malam selikuran, tanggal 21 bulan puasa pada zaman Susuhanan Paku Buwono X: ting-ting hik, jadah,jenang, wajik, ojo lali tingke kobong.

Hik itu adalah sebuah lagu rakyat, tetapi lagu tersebut tidak mempunyai makna religius apa-apa. Hik menjadi identitas penjual warung angkringan yang semula menjajakan makananya dengan berkeliling kampubg mendorong gerobak memikul tenong, sambil berterik: Hik, Hik!

Tetapi dengan seiring berkembangnya zaman, pedagang hik sudah tidak lagi menjajakan dagangannya namun pedagang hik sudah menetap di suatu tempat yang ramai pengunjung dan tempat yang strategis.

Lalu kalau penyebutan nasi kucing di Yogyakarta biasanya di sebut angkringan, di Yogyakarta sendiri, nasi kucing biasanya di jual di angkringan. kenapa disebut angkringan? karena warung rakyat ini pengungjungnya dapat mengangkringkan kakinya (mengangkat kaki sambil duduk di kursi).

Baca Juga: Begini Reaksi M'ruf Amin Terkait Ledakan di Monas
Jadi Staf Milenial Presiden, Ini Cerita Angkie Saat Pertama Kerja di Istana

Awalnya nasi kucing hanya ada di Solo dan Yogyakarta, tetapi dengan seiring berjalannya waktu, nasi kucing dapat ditemukan di Salatiga, Semarang, Purwokerto, dan sudah hampir berada di kota-kota pulau jawa.

Dan fakta terakhir yang unik ini ternyata nasi kucing menjadi hidangan mahasiswa pada saat krisis moneter. Mahasiswa yang menyambung hidupnnya dari dua nasi bungkus nasi kucing, karena pada saat itu banyak harga-harga yang mahal pada saat itu.

Berita Terkait

7 Makanan Khas Indonesia yang Paling Ekstrem 7 Makanan Khas Indonesia yang Paling Ekstrem
Cuaca Di Jakarta Lagi Tidak Bersahabat, Ini Tips Memilih Hijab Cuaca Di Jakarta Lagi Tidak Bersahabat, Ini Tips Memilih Hijab
Curhatan Jokowi Soal Kemacetan Jakarta Jadi Alasan Pindah Ibu Kota Curhatan Jokowi Soal Kemacetan Jakarta Jadi Alasan Pindah Ibu Kota

#makanan hits #Makanan Indonesia #kuliner Solo #Kuliner Unik #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar