Asyiknya Jadi PNS, Bakal Dapat Tambahan Libur di Hari Jumat

Pegawai Negeri Sipil (PNS). (Dok.setkab)

Arah - Pemerintah kini tengah membuat skema baru terkait jam kerja Pegawai Negeri Sipil (PNS). Dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 30 Tahun 2019, nantinya kinerja PNS akan terbagi dalam 3 kategori, yaitu peringkat terbaik (exceed expectation), peringkat menengah dan peringkat terendah (low). 

Bagi PNS yang mempunyai peringkat terbaik akan mendapatkan keistimewaan, salah satunya boleh bekerja dari rumah. Tak hanya itu saja, Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) juga akan menerapkan konsep Flexible Working Arrangement (FWA), di mana PNS nantinya dapat bekerja secara fleksibel. 

Jadi, akan ada tambahan libur tanpa harus mengurangi jam kerja, namun jam kerja tiap harinya akan diperpanjang sehingga ada ruang untuk menambah libur.

"Mungkin setiap hari Jumat ganjil atau genap bisa libur, gitu kan. Ini yang mengenai compressed work-nya," ujar Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Waluyo Martowiyoto, di KemenPAN-RB, Jakarta. 

Baca Juga: Kemendagri Bakal Beri Surat Peringatan ke Anies Baswedan
Ngeri! Sarang Tawon Sebesar Tabung Gas Bertebaran di Jakarta

Lebih lanjut Waluyo menjelaskan, jika kebijakan tersebut tidak untuk semua PNS, melainkan harus dilihat bagaimana posisi jabatan PNS itu sendiri.

"(Posisi) analis kebijakan atau periset bisa, tapi yang pelayanan langsung atau face to face itu tidak bisa. Pelayanan publik masih harus diatur. Jadi jangan sampai salah tafsir (pelayanan publik) ini bekerja di rumah," tegas Waluyo.

Berita Terkait

Menteri PANRB: ASN Harus Siap Ditugaskan Dimana Saja Menteri PANRB: ASN Harus Siap Ditugaskan Dimana Saja
Tersedia 197.111 Formasi, Rekrutmen CPNS Segera Diumumkan Tersedia 197.111 Formasi, Rekrutmen CPNS Segera Diumumkan
Dilaporkan Henry Yosodiningrat, Rizieq: Wallahualam, Kita Hadapi! Dilaporkan Henry Yosodiningrat, Rizieq: Wallahualam, Kita Hadapi!

#pegawai negeri sipil #ASN #Hari Libur #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar