Sudah Ramahkah Indonesia untuk Penyandang Disabilitas?

Ketua Dewan Pertimbangan Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI), Siswadi (Foto/YouTube).

Arah - Ketua Dewan Pertimbangan Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI), Siswandi menyebut jika Indonesia belum sepenuhnya ramah terhadap para penyandang disabilitas. 

"Jika dari angka 1-100, untuk Indonesia skalanya (ramah disabilitas) baru di angka 10. Ini perlu edukasi berkelanjutan, banyak ketentuan yang belum ramah seperti sarana transportasi, maupun sarana umum serta yang paling penting ramah sosial," ujar Iswandi ketika di wawancara yang diposting di akun YoutTube JAK TV.

Baca Juga: Jadi Staf Milenial Presiden, Ini Cerita Angkie Saat Pertama Kerja di Istana
Solusi dari Angkie Yudistia untuk Tingkatkan Kapasitas Disabilitas

Lebih lanjut dirinya berkelakar, pemerintah seharusnya mulai memberikan edukasi kepada anak-anak dan juga siswa di sekolah, agar mengetahui cara bersikap saat berhadapan dengan penyandang disabilitas.  

"Banyak hal yang tidak menyenangkan, namun respon kesiapan mental dari disabilitas itu semakin siap karena respon apapun harus kita syukuri, respon menyenangkan atau tidak bagi disabilitas tidak ada masalah, karena sudah terlatih dalam bidang mental," pungkasnya. 

Dalam peringatan hari disabiltas internasional pada 3 Desember 2019, Siswadi berharap pemerintah benar-benar memberikan peluang besar bagi difabel, termasuk soal perekrutan Aparatur Sipil Negara (ASN). 

"Sekarang, disabilitas yang ikut berkompetensi syaratnya itu tidak memungkinkan, tingkat pendidikan disabilitas masih relatif rendah, level SMP dan SMU. Oleh karena itu, rekrutmen ASN sangat bijak apabila dari 250 ribu posisi yang diperebutkan, disabilitas mendapatkan jatah 2 persen," kata Siswadi.

----

Berita Terkait

Marsha Timothy Terpilih Jadi Aktris Terbaik di Spanyol Marsha Timothy Terpilih Jadi Aktris Terbaik di Spanyol
Sukseskan Operasi Lilin, Pemprov DkI Lakukan Hal Ini Sukseskan Operasi Lilin, Pemprov DkI Lakukan Hal Ini
Wow, Jakarta Masuk Kota Termahal Kelima Asia Tenggara Wow, Jakarta Masuk Kota Termahal Kelima Asia Tenggara

#Penyandang Difabel #Disabilitas #Indonesia #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar