Gak Usah Pake Teleskop! Lima Planet Ini Bisa Kamu Lihat dari Langit Bumi

Ilustrasi Melihat Planet (Istimewa)

Arah -  Keberadaan planet di alam semesta memang membuat kita penasaran. Benda langit ini tentunya tidak asing di telinga kita, masalahnya adalah jarak planet ini yang sangat jauh membuat kita tidak bisa menatapnya langsung layaknya menatap bulan. Dibandingkan dengan benda langit lainnya, planet yang ada di tata surya memang memiliki jarak yang cukup dekat dengan planet tempat kita tinggal.

Saking jauhnya, beberapa planet hanya bisa dilihat menggunakan teleskop. Namun, tidak semua planet harus dilihat menggunakan teleskop, melansir laman farmersalmanac.com berikut ini lima planet yang bisa kamu lihat dari langit bumi.

1. Merkurius

Foto:  Foter/thebadastronomer

Planet Merkurius ialah planet terkecil yang berada dekat dengan matahari, Karena letaknya yang berdekatan dengan matahari, kamu hanya bisa melihat Merkurius di pagi hari dan sore saja. Untuk bisa melihat Merkurius, kamu harus bangun subuh karena Merkurius akan muncul satu jam sebelum matahari terbit dan penampakannya akan terlihat seperti bintang berwarna keemasan.

Jika kamu melewati waktu pagi, kamu bisa melihatnya sore hari. Di langit barat, Merkurius akan muncul satu jam setelah matahari terbenam.

2. Venus

Foto: NASA

Jika dibandingkan dengan planet tetangga lainnya, Venus adalah planet paling akrab dengan bumi. Venus seringkali menapakkan diri di langit bumi dan "menyamar" menjadi bintang paling terang setelah bulan. Layaknya Merkurius, planet Venus juga sering muncul di pagi hari sebelum matahari terbit. Dan dia akan kembali muncul di ufuk barat setelah matahari terbenam.

Faktanya, di waktu tertentu, enus juga muncul di langit malam dan membentuk formasi bersama bulan dan planet lainnya. Nah untuk kamu yang ingin melihat Venus, waktu senja adalah waktu terbaik untuk melihatnya. Saat senja, penampakan Venus akan terlihat sangat terang dan indah karena berlatarkan langit berwarna jingga.

3. Mars

Foto: Freedigitalphotos.net

Walaupun Venus merupakan planet yang paling "nongol" di langit bumi, amun Mars adalah planet yang paling mudah dikenali. Meski begitu, planet ini tidak terlalu sering mengunjungi kita sehingga kamu harus mencari informasi mengenai waktu kemunculannya.

Kalau kamu sudah tahu waktu kedatangan Mars, yang perlu kamu lakukan hanyalah keluar dan mencari bintang berwarna merah di langit malam. Kamu pasti akan dengan mudah menemukan planet satu ini karena penampakannya akan terlihat berbeda dengan bintang di sekitarnya.

Mars sendiri pernah berada sangat dekat dengan bumi kita pada tahun 2003 lalu. Saat itu, jarak antara bumi dan Mars 'hanya' 55,7 juta kilometer.

Baca Juga: Wow! Bekerjasama dengan Korsel, Indonesia Segera Punya 50 Jet Tempur
Wow! Dapat Bertahan Hingga 40 Tahun, Inilah Desain Baterai Nuklir Milik UGM

4. Jupiter

Foto: NASA

Planet Jupiter dan bumi sebenarnya berjarak cukup jauh, Namun karena ukurannya yang besar, kamu masih bisa melihat planet ini di langit malam sebagai objek ketiga paling terang setelah bulan dan Venus. Namun sama seperti Mars, planet ini tidak selalu bisa dilihat dengan mudah.

Pada tahun 2019, Planet ini diprediksi akan muncul di bulan juni. Sedangkan pada tahun 2020 nanti, Jupiter akan terlihat pada bulan Juli. Kalau kamu ingin melihat Jupiter, planet ini akan muncul sebagai bintang berwarna putih.

5. Saturnus

Foto: Telegraph

Planet yang dikenal dengan cincin yang ada padanya ini bisa kita lihat dengan mata telanjang. Planet ini biasanya berada di langit bagian selatan bersama dengan tetangganya, Jupiter. Sayangnya karena jaraknya yang jauh kamu tidak akan bisa menyaksikan Saturnus lengkap dengan cincin karena di langit Saturnus hanya akan tampak seperti bintang.

Demikianlah planet-planet yang bisa kamu lihat dengan mata telanjang di langit bumi. Karena jaraknya yang sangat jauh, planet ini akan terlihat seperti bintang. Lalu bagaimana caranya membedakan bintang dan planet?

Pada kenyataannya, untuk membedakan bintdang dan planet itu sebenarnya cukup mudah karena bintang akan terlihat berkelip di langit malam, sedangkan planet tidak.

Berita Terkait

Gagal Mendarat di Bulan, India Beralih ke Planet Venus Gagal Mendarat di Bulan, India Beralih ke Planet Venus
Ada Penampakan Gajah di Planet Mars Ada Penampakan Gajah di Planet Mars
Ini Uang yang Harus Kamu Siapkan Kalau Mau Beli Tanah di Bulan Ini Uang yang Harus Kamu Siapkan Kalau Mau Beli Tanah di Bulan

#Planet #Planet Mars #Planet Saturnus #Venus #Tata Surya #Teleskop Luarangkasa #Sains/ Ilmiah #Matahari #bulan #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar