Tiga Perbuatan Manusia yang Sulit Disembuhkan

Bersujud dalam salat

Arah - Dalam kehidupan, masalah dan kesulitan adalah dua hal yang pasti terjadi. Tidak ada satu orangpun yang bebas dari segala masalah maupun kesulitan. Tidak peduli apakah dia kaya atau miskin. Semua menghadapi kesulitannya masing-masing.

Namun demikian, kita patut pahami setiap masalah dan kesulitan hadir dalam kehidupan sejatinya sebagai jalan manusia melatih diri. Banyaknya masalah membuat kita belajar cara menanganinya.

Karena, sejatinya setiap masalah bisa disembuhkan. Semua bergantung kepada mereka yang menjalaninya.

Dikutip dari Bincang Syariah, pada dasarnya semua masalah dan kesulitan bisa disembuhkan. Tetapi, ada hal dalam hidup yang tidak bisa disembuhkan.

Ibnu 'Abdil Barr dalam kitabnya Bahjatul Majalis wa Ansul Majalis menyebutkan tiga kesulitan dalam hidup yang tidak bisa disembuhkan.

" Tiga hal yang susah disembuhkan dalam hidup adalah kemiskinan yang besertakan kemalasan, permusuhan yang dirasuki kedengkian, dan sakit yang disebabkan faktor usia."

3 Masalah Susah Diatasi

Hal pertama disebutkan yaitu kemiskinan yang disertai kemalasan. Jika hanya miskin, orang masih bisa mengatasi situasi. Dengan usaha dan kerja keras, seseorang bisa terentas dari kemiskinan.

Lain halnya jika kemiskinan disertai dengan kemalasan. Bagaimana mungkin seseorang bisa lepas dari kemiskinan jika dia malas berusaha?

Hal kedua yang tidak bisa disembuhkan dalam hidup yaitu permusuhan yang dirasuki kedengkian. Rasa dengki bisa memicu permusuhan, sementara permusuhan yang sudah terjadi bisa jadi awet akibat kedengkian.

Seseorang yang dalam hatinya ada rasa dengki, sejatinya dia tidak bisa menerima ketentuan Allah SWT. Dia terus menginginkan apa yang belum ditetapkan atas dirinya.

Baca Juga: Inilah Dua Waktu Mustajab Doa di Hari Jum’at
Salut! Kisah Inspiratif Pria Disabilitas Menjadi Guru Ngaji

Sedangkan hal ketiga yaitu sakit karena faktor usia. Usia senja adalah masa yang rentan akan berbagai penyakit akibat sistem imun yang semakin melemah.

Sistem kekebalan membantu tubuh terhindar dari segala macam penyakit yang berasal dari unsur-unsur berbahaya. Bisa berupa bakteri, virus, racun, dan lain sebagainya.

Tidak mengherankan jika di usia senja, tubuh mudah sakit. Ini karena sistem kekebalan tubuh tidak bekerja dengan baik.

Berita Terkait

Sandiaga Ingin Pulau Seribu Jadi Beranda Jakarta Sandiaga Ingin Pulau Seribu Jadi Beranda Jakarta
Baca Doa ini Untuk Tetap Teguh Melakukan Kebaikan Baca Doa ini Untuk Tetap Teguh Melakukan Kebaikan
Konser di Jakarta, Celine Dion Ajak Keluarganya ke Indonesia Konser di Jakarta, Celine Dion Ajak Keluarganya ke Indonesia

#Dosa #berdoa #manusia #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar