Catat! Ini Tips Perbanyak Umroh Saat di Masjidil Haram

Kabah/Foter/Ayu Mayshita

Arah - Selagi kita sedang ada di Kota Suci Mekah, maka seharusnya kita memanfaatkan waktu sebaik-baiknya. Salah satunya adalah perbanyak umroh. Ngga semua orang lho bisa punya kesempatan yang sama seperti kita.

Makanya, kita harus manfaatkan waktu yang dimiliki untuk beribadah sebanyak-banyaknya. Ada beberapa tips yang bisa kita jalankan guna memperbanyak ibadah umroh saat berada di Mekah. Tapi, ingat ya, jangan lupa untuk selalu perhatikan kondisi badan. Jangan sampai ibadah yang terlalu semangat mengganggu puncak acara haji yaitu wukuf di Arafah.

1. Miqot
 
Agar dapat melaksanakan umroh berkali-kali, pilih miqot atau tempat berihram yang dekat dari penginapan. Semakin dekat akan semakin bagus. Tempat terdekat yang biasa dipilih adalah Tan’im. Tempat ini juga jadi miqot-nya penduduk setempat di Mekkah, lho. Jika kita berada di Aziziyah, tempat miqot yang bisa dipilih adalah Ji’ronah.

2. Angkutan Menuju Tempat Miqot
 
Selain memilih miqot yang dekat angkutan menuju tempat miqot juga wajib jadi perhatian. Tujuannya jelas agar kita bisa semakin cepat sampai ke lokasi. Pilihan yang tersedia adalah bus kota Sapto yang terminalnya ada di sisi kiri pintu dari King Abdul Aziz Masjidil Haram. Tarifnya murah kok, cuma 5 riyal per orang. Ada juga taksi yang menuju Tan’im dengan ongkos 30 hingga 40 riyal. Mahal? Engga lah, kan naiknya rombongan.

[baca_juga]

3. Pilih Waktu Tepat
 
Sudah jadi kebiasaan bahwa lalu lintas sekitar Masjiidl Haram akan memadat di waktu ibadah haji. Beberapa akses yang menuju Masjidil Haram juga akan ditutup. Padatnya jamaah jadi alasan utama kebijakan ini. Karena itulah, penting bagi kita untuk mengetahui waktu tepat pergi umroh.

Agar bisa perbanyak umroh selagi di Mekkah, hindari waktu-waktu tertentu seperti malam Jumat, sore hingga masuk waktu sholat Isya, serta waktu-waktu utama yang lain. Alternatif yang biasa diambil adalah berangkat menuju Tan’im setelah waktu Dhuha. Cuaca ngga terlalu panas dan angkutan masih mudah dicari.

4. Perhatikan Kondisi
 
Apabila kita sukses memilih waktu yang tepat, kita bisa umroh sunnah hingga dua kali dalam sehari. Bagai dapat jackpot, kan? Tapi, kita harus ingat untuk ngga memaksakan diri, apalagi jika belum menunaikan wukuf.

Supaya bisa perbanyak umroh dan waktunya efisiein, hindari tempat thawaf maupun sa’i yang dipenuhi jamaah. Pilihlah thawaf di lantai dua atau tiga dan sa’i di lantai yang sama. Di tempat-tempat itu, volume jamaahnya ngga sepadat lantai dasar.

Berita Terkait

Perhatikan! Ini Runtutan Cara Mengurus Jenazah di Saudi Arabia Perhatikan! Ini Runtutan Cara Mengurus Jenazah di Saudi Arabia
Hindari Kehilangan, Ini Tips Menyimpan Uang dengan Aman Saat Umroh Hindari Kehilangan, Ini Tips Menyimpan Uang dengan Aman Saat Umroh
Lima Kiat Hindari Travel Umrah Berisiko Lima Kiat Hindari Travel Umrah Berisiko

#Masjidil Haram #Mekah #Tips Umroh #umroh #umroh murah #Madinah #masjid nabawi di madinah

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar