KPK: Korupsi Bisa Bikin Negara 'Kiamat' dan Bubar!

Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (Dok.KPK)

Arah - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang menyatakan peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2019 untuk membuat sadar bahwa kasus korupsi itu bisa membuat "kiamat" suatu negara.

"Kan sesungguhnya agar dunia sadar bahwa korupsi bisa bikin 'kiamat' suatu negara kemudian negara jadi bubar. Negara jadi tidak efisien, tidak efektif, ketidakadilan," ucap Saut.

Hal tersebut dikatakan Saut saat menghadiri Anti-corruption Film Festival 2019 (ACFFest) atau Festival Film Antikorupsi 2019 sebagai rangkaian dari kegiatan peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2019 di Ciputra Artpreneur, Jakarta.

"Bahkan isu radikalisme itu banyak dari isu korupsi di depannya. Radikal itu 'background'-nya macam-macam, radikal agama, radikal ideologi bahkan radikal ekonomi. Radikal ekonomi umpamanya kalau dia dilakukan tidak adil, kemudian dia lakukan ketidakadilan juga," kata Saut.

Baca Juga: Dijagokan Jadi Capres 2024, Sandiaga Uno Justru 'Sentil' Rocky Gerung
Zulhas: Jual Isu Penistaan Agama, Suara PAN Malah Jeblok ke Urutan 8

Oleh karena itu, lanjut dia, melalui peringatan Hakordia 2019 ini, KPK mengajak semua pihak untuk sama-sama memberantas korupsi bahkan bisa dimulai dari hal-hal yang sederhana.

"Saya bilang kalau SIM (Surat Izin Mengemudi) tidak lulus jangan nyogok sampai kapan pun. Jangan melanggar lalu lintas, jangan buang sampah sembarangan, mahasiswa jangan buat titip absen. Jadi, kita harus lihat dari yang sederhana," kata Saut. seperti dikutip Antara.

Puncak peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2019 akan digelar di gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Jakarta, Senin (9/12). Adapun tema yang diambil untuk Hakordia 2019 adalah "Bersama Melawan Korupsi Mewujudkan Indonesia Maju".

Berita Terkait

KPK Tangkap Hakim Terkait  OTT di Bengkulu KPK Tangkap Hakim Terkait OTT di Bengkulu
KPK Tahan 4 Tersangka Kasus Suap Auditor BPK KPK Tahan 4 Tersangka Kasus Suap Auditor BPK
Sofyan Basir Vonis Bebas, Begini Reaksi Jaksa KPK Sofyan Basir Vonis Bebas, Begini Reaksi Jaksa KPK

#Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) #korupsi #kiamat #Negara #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar