2.000 LPK Terdaftar Untuk Pendidikan Vokasi Penerima Kartu Pra Kerja

Menaker Ida Fauziah (Foto/Antara)

Arah -Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) tengah mengidentifikasi Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) milik swasta, dan Balai Latihan Kerja (BLK) yang dikelola pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Upaya ini untuk mendukung pelatihan vokasi bagi penerima Kartu Pra Kerja.

“Termasuk BLK yang dimiliki Kementerian dan Lembaga (K/L), karena banyak sekali kementerian dan lembaga yang memiliki balai-balai latihan, juga training-training center yang ada di perusahaan-perusahaan,” ujar Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziah di Kantor Jakarta.

Menurut Menaker, sejauh ini sudah tercatat 2.000 LPK yang terdaftar di seluruh tanah air. LPK yang disiapkan memiliki kompetensi untuk menyelenggarakan pelatihan vokasi.

Mengenai ke-2.000 LPK yang sudah terdafta, Ida Fauziah mengatakan mereka ada dalam sistem Sisnaker. Untuk selebihnya, Kemenaker akan melihat kompetensinya, tidak hanya mereka terdaftar atau teregistrasi tetapi juga mereka harus terakreditasi.

Baca Juga: Menko Perekonomian Jelaskan untuk Siapa Kartu Pra Kerja
Bukan Gaji Pengangguran, Ternyata Ini Fungsi Kartu Pra Kerja Kata Jokowi

Sebelumnya, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dalam keterangan persnya menyampaikan, Kartu Pra Kerja disiapkan untuk para pencari kerja, pekerja yang berhenti kerja, maupun yang akan pindah kerja. Kartu Pra Kerja disiapkan untuk WNI berusia 18 tahun ke atas, tidak sedang dalam pendidikan formal, dan programnya akan didorong untuk pekerja migran Indonesia.

“Jadi fokusnya adalah pemerintah mempersiapkan dana untuk melakukan pelatihan. Nah, sumber pelatihan yang ada di dalam negeri,” kata Airlangga.

Pemerintah, lanjut Airlangga, sudah menyiapkan beberapa pelatihan termasuk di dalamnya lembaga-lembaga yang sudah ada dimiliki oleh pemerintah maupun swasta. Prinsipnya lembaga-lembaga tersebut menjadi official partner Kartu Pra Kerja.

Lembaga-lembaga tersebut akan menyiapkan pelatihan yang mencakup teknik industri tertentu termasuk industri digital, terkait lifestyle termasuk untuk fotografi, perawatan, terkait properti, pertanian, penjualan, perbankan, industri kreatif, industri pertanian dan yang lain.

Berita Terkait

Begini Simulasi Penjemputan Tamu di Pernikahan Anak Presiden Begini Simulasi Penjemputan Tamu di Pernikahan Anak Presiden
Dituding Keliru Oleh Sylviana Murni, Ini Balasan Polri Dituding Keliru Oleh Sylviana Murni, Ini Balasan Polri
Kawal Pemeriksaan Rizieq, FPI Siap Geruduk Mapolda Metro Jaya Kawal Pemeriksaan Rizieq, FPI Siap Geruduk Mapolda Metro Jaya

#Kemenaker #Kartu Pra Kerja #industri kreatif #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar