Jelang Pilkada ASN dan Perangkat Desa Dminta Tak Foto Bersama Calon

Pilkada Serentak 2020 (setkab.go.id)

Arah -  Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Timur meminta Aparatur Sipil Negara (ASN) dan perangkat desa menjaga netralitas dalam Pemilihan Kepala Daerah serentak 2020 mendatang. Bawaslu Jatim juga meminta mereka berhati-hati dalam menggunakan media sosial.

"Kami berharap agar ASN maupun perangkat desa untuk tidak foto bersama calon dengan atribut tertentu. Untuk itu kami mengajak ASN untuk menyamakan persepsi bersikap netral agar Pilkada 2020 berlangsung," kata komisiiner Bawaslu Jatim Aang Kunaifi.
Dia mengatakan, pihaknya akan memaksimalkan pengawasan agar pelanggaran pemilu bisa diminimalisir. Pasalnya lembaga yang bertugas mengawasi penyelenggaraan pemilu ini mencatat ada 5957 pelanggaran pada Pemilu 2019 di Jatim.
"Dari jumlah itu sebanyak  5558 adalah pelanggaran administrasi yang berkaitan dengan alat peraga kampanye. Misalnya pemasangannya tidak sesuai dengan tempat yang sudah diatur dalam regulasi," ujarnya.
Aang mengatakan selain itu ada juga 5 pelanggaran kampanye yang masuk dalam tindak pidana lantaran melibatkan aparatur/perangkat desa. Untuk itu ia berharap agar aparatur sipil negara (ASN) maupun perangkat desa bersikap netral pada Pilkada 2020. 
"Kami berharap agar ASN atau perangkat desa tidak berpihak pada Pilkada 2020. Kalau ada ASN yang tidak netral, maka akan berpengaruh langsung pada masyarakat, karena ASN merupakan pelayan publik," jelasnya./Budi/

Berita Terkait

BMKG: Waspada Hujan dan Petir di Jakarta Hari Ini BMKG: Waspada Hujan dan Petir di Jakarta Hari Ini
BNI-Garuda Travel Fair Target Transaksi Rp8 Miliar BNI-Garuda Travel Fair Target Transaksi Rp8 Miliar
Wapres JK Melayat ke Keluarga AM Fatwa Wapres JK Melayat ke Keluarga AM Fatwa

#Pilkada #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar