Simak Ternyata ini Asal Usul Nama Kota Jeddah

Sejarah Kota Jeddah (Istimewa)

Arah - Pasti sudah tahu bahwa kota suci bagi umat islam yaitu kota Jeddah banyak menyimpan sejarah tentang nilai-nilai islam dan juga bagi masyarakat indonesia kota ini menyimpan banyak haji bagi bangsa indonesia pada saat masih menjadi jajahan Hindia Belanda. Sebelum mengulas tentang kota ini, mari ketahui asal nama jeddah itu berasal.

Kata jeddah berasal dari bahasa arab "Jaddah" atau "Juddah" yang artinya nenek. Katanya, nama ini dihubungkan dengan suatu klaim bahwa nenek moyang manusia,yaitu Hawa wanita ini adalah istri dari Nabi Adam, dikuburkan di daerah kota jeddah tersebut.

Maka dari sebab itu, kota Jeddah menjadi salah satu tempat ziarah yang bisa orang-orang kunjungi oleh setiap wisatawan atau juga jamaah haji dan umrah.

Kota jeddah juga sebagai kota metropolitan di Arab Saudi. Secara geografis kota Jeddah ini terletak nya di sebelah pantai timur laut merah pada 309 garis BT dan antara 21-289 garus LU, persisnya di daratan rendah pinggir laut merah, +75 Km dari Kota Suci Makkah.

Baca Juga: Tes Penglihatan Warna Yuk! 88 Persen Orang Menjawab Salah Lho
Kalteng Putra Tim Pertama Terdegradasi ke Liga 2

Di kota Jeddah memiliki dua iklim cuaca yaitu musim panas dan musim dingin. Pada musim panas terjadi di bulan Juni sampai dengan bulan September dengan suhu 35-42 Celcius sedangkan di musim dingin terjadi di bulan november sampai bulan februari dengan suhu 10-25 celcius.

Dalam sejarah di daerah Jeddah ini pada awalnya digunakan oleh suku Qudha'ah untuk beristirahat usai berburu ikan. Pada akhirnya warga di daerah Jeddah menjadikan sebagai perkampungan mereka dan selanjutnya mengalami perkembangan yang cukup pesat.

Sebelum pusat kekuasaan Islam pindah ke Damsyiq (Damaskus) dan Baghdad, Kota Jeddah menjadi sangat penting bagi kekuasaan Islam saat itu. Demikian pentingnya kota tersebut, oleh Nasir Khasrow, seorang penulis Persia yang pernah mengunjungi kota ini pada tahun 1050, disebut sebagai kota yang kuat, yang dikelilingi oleh benteng-benteng yang kokoh.

Di kota Jeddah penduduknya mencapai 5.000 jiwa. Pada kota tersebut belum terdapat tumbuh-tumbuhan semua kebutuhan untuk masyarakat kota Jeddah di datangkan dari luar, ungkap Khasrow

 

Berita Terkait

Bikin Heboh, Anggaran Pulpen DKI Capai Rp123 Miliar Bikin Heboh, Anggaran Pulpen DKI Capai Rp123 Miliar
Fadli Zon: Pemindahan Ibu Kota Bisa Batal Jika DPR Tak Sepakat   Fadli Zon: Pemindahan Ibu Kota Bisa Batal Jika DPR Tak Sepakat
Menag: Waspada Sisi Negatif Zaman Globalisasi Menag: Waspada Sisi Negatif Zaman Globalisasi

#Jeddah #Media Islam #Travel #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar