Dianggap Campuri Urusan Dalam Negeri China, Cuitan Ozil Dikecam

Pesepak bola asal Jerman, Mesut Ozil. (Foter/Ronnie Macdonald)

Arah - Cuitan bintang Arsenal Mesut Ozil melalui akun Twitternya menuai kecaman dari sejumlah warganet di China. Dalam cuitannya, Ozil menyebut Daerah Otonomi Xinjiang, China, yang banyak dihuni etnis minoritas Uighur dengan "East Turkistan".

Beberapa warganet dan penggemar sepakbola di China menyayangkan kicauan Ozil. Menurut mereka, tidak seharusnya pemain sepakbola sekelas Ozil mencampuri urusan dalam negeri China. Bahkan ada fans Arsenal yang menyerukan pemboikotan klub Liga Inggris itu.

Mananggapi itu, Arsenal dalam pernyataan resmi melalui akun Sina Weibo mengatakan apa yang diunggah Ozil merupakan pandangan pribadi. Sebagai klub sepak bola, Arsenal menegaskan pendiriannya untuk tidak mencampuri urusan politik.

Namun pernyataan yang diunggah dalam bahasa Mandarin di media sosial China itu belum meredakan kemarahan fans sepakbola di Negeri Tirai Bambu. Dilansir Global Times, mereka menginginkan The Gunners mengunggah permohonan maaf dalam bahasa Inggris di Twitter.

Baca Juga: Upload Foto di Twitter Tak Perlu Lagi Khawatir Pecah
Catat, Per 1 Februari WhatsApp Tak Bisa Digunakan di Sejumlah Perangkat

Sina Sports juga mengunggah status di Weibo dengan menyebut pernyataan Ozil telah melukai para penggemarnya di China. Trending topic #Ozil telah dilihat lebih dari 300 juta kali dan beberapa warganet mengidentifikasi akun Ozil di Weibo.

"Ozil Tieba", komunitas penggemar Ozil di China yang beranggotakan 100 ribu orang mengumumkan penutupan akun di Weibo beberapa saat setelah Ozil mengunggah kicauan di Twitternya.

"Demi kepentingan nasional, kegemaran apa pun seseorang tidak perlu diutarakan," demikian pernyataan komunitas tersebut.

 

Berita Terkait

Fadli Zon Bicarakan Pemimpin Karbitan, Sindiran untuk Jokowi? Fadli Zon Bicarakan Pemimpin Karbitan, Sindiran untuk Jokowi?
SBY Ngetwitt Soal Berita Hoax, Ini Tanggapan Timses Agus-Sylvi SBY Ngetwitt Soal Berita Hoax, Ini Tanggapan Timses Agus-Sylvi
Ozil Teken Kontrak Baru Dengan Arsenal Ozil Teken Kontrak Baru Dengan Arsenal

#Mesut Ozil #Twitter #Arsenal #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar