Astaga Konsumsi Minuman Soda Berlebihan Tingkatkan Risiko Kematian Dini

ilustrasi minuman bersoda (shutterstock)

Arah -  Konsumsi minuman bersoda baik mengandung pemanis buatan maupun alami dua kali per hari bisa meningkatkan risiko seseorang mengalami kematian dini, dibandingkan mereka yang hanya mengonsumsi satu gelas per bulan, menurut sebuah studi dalam jurnal JAMA Internal Medicine yang dilansir Indian Express.

Dalam studi itu, peneliti melibatkan lebih dari 450.000 peserta dari 10 negara Eropa. Hasilnya, mereka menemukan minuman dengan pemanis buatan berhubungan dengan kematian dini akibat penyakit terkait peredaran darah dan pencernaan.

"Studi ini menambah bukti yang menunjukkan kemungkinan hubungan negatif antara minuman bersoda dan penyebab umum kematian seperti penyakit jantung dan stroke," kata Jonathan Pearson-Stuttard dari Imperial College London di Inggris.

Baca Juga: Ciuman Yusuf Mansur untuk Seorang Supir Bajaj, Subhanallah...
Erick Thohir Pecat Ari Askhara, Ini Plt Dirut Garuda Indonesia




Mengutip antara, Peneliti menekankan hubungan konsumsi minuman bersoda dan peningkatan risiko mortalitas kompleks dan tidak dapat dianggap sebab akibat.

"Ini tidak berarti minuman bersoda menyebabkan kematian dini karena dalam jenis studi ini ada faktor-faktor lain yang mungkin ada di balik hubungan yang kami amati," kata Neil Murphy, salah satu peneliti studi.

Konsumsi minuman bersoda yang tinggi berhubungan dengan diet tak sehat misalnya mereka yang mengonsumsinya memiliki indeks massa tubuh lebih tinggi dan biasanya juga merokok.

Berita Terkait

SBY Ngetwitt Soal Berita Hoax, Ini Tanggapan Timses Agus-Sylvi SBY Ngetwitt Soal Berita Hoax, Ini Tanggapan Timses Agus-Sylvi
Cium Aroma Adu Domba, Rizieq Sebut Umat Islam Difitnah Anti NKRI Cium Aroma Adu Domba, Rizieq Sebut Umat Islam Difitnah Anti NKRI
Pameran InaWeek di Shanghai Promosikan Asian Games 2018 Pameran InaWeek di Shanghai Promosikan Asian Games 2018

#Minuman Soda #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar