Jokowi: Ibu Kota Bukan Hanya Pindah Lokasi tapi Cara Kerja!

Foto Presiden Jokowi (Sumber Google)

Arah - Presiden Joko Widodo memerintahkan agar proses perpindahan ibu kota ke Kalimantan Timur juga memperhatikan pembangunan di sisi ekonomi maupun pendidikan yang canggih.

"Bukan sekadar pindah lokasi, tetapi kita ingin ada sebuah transformasi, pindah cara kerja, pindah budaya kerja, pindah sistem kerja, dan juga ada perpindahan basis ekonomi," kata Presiden dalam sambutannya saat membuka rapat terbatas bertopik "Persiapan Pemindahan Ibu Kota" di Kantor Presiden, Jakarta pada Senin (16/12).

Menurut Presiden, rancangan ibu kota baru harus mencakup konsep perekonomian cerdas, dengan kluster-kluster pendidikan dan pusat riset dan inovasi di dalamnya.

Baca Juga: Mengharukan, Ini Kisah Anak Kuli Angkut yang Raih IPK 3,94 di Unsoed
Jadi Ketua Wantimpres, Wiranto: Saya Paham Obsesi Kenegaraan Jokowi

Presiden berharap ada lembaga pendidikan tinggi berkelas dunia untuk mencetak sumber daya manusia unggul Pusat riset dan inovasi juga diarahkan menjadi titik temu inovasi dan kreativitas berskala internasional.

Mantan gubernur DKI Jakarta itu juga menekankan proses pembangunan ibu kota baru harus meninggalkan cara-cara lama yang tidak efisien.

Jokowi meminta pemanfaatan teknologi dan sisi kreatifitas dalam pembangunan ibu kota baru yang rencananya berlokasi di antara Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Penajam Paser Utara.

"Sudah saatnya talenta-talenta Indonesia, talenta-talenta global berkolaborasi mengembangkan 'smart energy', 'smart health', 'smart food production' yang akan menciptakan lapangan kerja baru bagi anak-anak muda kita serta mendorong usaha mikro kecil dan menengah untuk masuk dan terintegrasi dengan 'global value chain'," demikian Presiden. seperti dikutip dari Antara. 

Berita Terkait

Fadli Zon: Pemindahan Ibu Kota Bisa Batal Jika DPR Tak Sepakat   Fadli Zon: Pemindahan Ibu Kota Bisa Batal Jika DPR Tak Sepakat
Curhatan Jokowi Soal Kemacetan Jakarta Jadi Alasan Pindah Ibu Kota Curhatan Jokowi Soal Kemacetan Jakarta Jadi Alasan Pindah Ibu Kota
Menteri PANRB: ASN Harus Siap Ditugaskan Dimana Saja Menteri PANRB: ASN Harus Siap Ditugaskan Dimana Saja

#Presiden Jokowi #Ibu Kota #kalimantan timur #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar