Naudzubillah, Ini 11 Orang yang Dipastikan Masuk Neraka Menurut Alquran

11 Orang yang Pasti Masuk Neraka Mneurut Alquran (Istimewa)

Arah -  Sebagai Umat Islam, kita diajarkan bahwa kehidupan di dunia ini hanyalah kehidupan yang sementara, dan akhirat lah tempat terkahir umat manusia akan singgah. Di akhirat kelak, manusia akan dihadapkan terhadap dua pilihan sesuai iman dan amal perbuatannya, yakni surga atau neraka.

Di dalam Alquran, Allah SWT Memberitakan kepada umat manusia bahwa ada sekelompok golongan orang yang sudah pasti akan masuk ke dalam neraka. Golongan manusia tersebut masuk ke dalam neraka atas perbuatan keji dan hina yang telah mereka lakukan di dunia ini.

Lalu, siapakah golongan manusia tersebut? Berikut ini arah.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Fir'aun, Raja Mesir yang mengaku Tuhan

Karena kekuasaan dan kekayaannya yang sangat besar, raja Mesir ini terkenal sangat kejam bahkan mengaku Tuhan. Secara mentah-mentah dirinya menolak ajaran dan dakwah yang dibawa oleh Nabi Musa AS, Cerita tentang Fir’aun dijelaskan dengan sangat begitu gamblang dalam Alquran.Mulai dari ketika ia memerintahkan untuk membunuh setiap bayi lelaki yang lahir, mengadopsi Musa AS, hingga menjadi musuh besar Nabi Musa saat sang nabi sudah mendapat wahyu dari Allah SWT.

Akibat ulah kesombongannya itulah, Fir’aun ditenggelamkan di laut merah bersama para pengikutnya. Jasadnya kemudian utuh dan dijadikan sebagai pelajaran bagi semua umat manusia, bahwa siapapun yang menentang Allah akan menerima azabnya. Tak sampai di situ, Al-Quran menjelaskan kelak Fir’aun akan menjadi salah satu dari banyak penghuni abadi di neraka (QS. Ghafir: 46).

2. Qabil, Anak Nabi Adam AS

Dia adalah pembunuh pertama dalam sejarah umat manusia, dirinya tega membunuh saudara kembarnya sendiri, Habil. Alasan dirinya membunuh saudarany sendiri adalah persoalan berebut pasangan hidup yang lebih cantik.

Tetapi, ketika ia disuruh agar mendekatkan dirinya kepada Allah SWT dengan syarat qurban untuk mendapatkan sang pujaan, Qabil malah memberi hasil tani yang buruk. Hal itu membuat hasil qurban Qabil tidak diterima, sehingga membuatnya iri hati kepada Habil lalu membunuh saudaranya itu.

Berdasarkan sabda Nabi Muhammad SAW, setiap dosa pembunuh, dosanya akan ditanggung oleh Qabil karena ia pertama kali mencontohkan perbuatan keji tersebut. Hal ini dijelaskan sendiri dalam Alquran (Al Baqarah:29) jika Qabil kelak akan masuk dalam neraka.

3. Qarun, Orang yang sangat kaya di Zaman Nabi Musa AS

Harta Qarun atau Karun, jika kita mendengar kata ini pasti terbenak di pikiran kita suatu harta dalam peti yang terpendam dalam perut bumi. Istilah ini memang terlahir dari cerita yang bermula dari kisah seorang kaya raya di zaman Nabi Musa AS.

Di dalam hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas, Qarun diceritakan adalah sepupu Nabi Musa AS yang sebelumnya taat beribadah tetapi hidup memprihatinkan. Lalu kepada Nabi Musa ia meminta didoakan untuk menjadi orang yang berkecukupan. Doa tersebut terkabul, Qarun menjadi hartawan yang sangat kaya, dimana untuk membawa kunci hartanya saja membutuhkan 70 orang dengan mengendarai unta.

Namun, kekayaan itulah yang membuatnya gelap maata dan menjadi budak dunia. Qarun lupa kepada Allah SWT dan terus menyombongkan diri atas hartanya. Bahkan, ia tak segan menantang Musa untuk mendoakan kebinasaannya. Saat itulah azab Allah SWT datang, ia beserta hartanya ditenggelamkan ke dalam perut bumi dan disebut akan menjadi penghuni neraka, sesuai dengan ayat dalam Alquran (QS. Al-Ankabut ayat 39).

4. Abu Lahab dan Ummu Jamil (Paman dan Bibi Rasulullah SAW)

Menjadi paman manusia yang paling mulia tak lantas membuat seorang Abu Lahab menjadi pribadi yang baik. Bahkan dirinya menjadi penentang utama dalam setiap dakwah yang dilakukan oleh keponakannya itu, semua daya dan upaya bahkan dilakukan olehnya agar menghambat dan menghentikan kegiatan dakwah Nabi Muhammad SAW, tak segan-segan iapun tega mencelakai beliau.

Tak sendirian, ia pun mengajak istrinya Ummu Jamil untuk turut serta melakukan sejumlah aksi. Perempuan tersebut sengaja menaruh kayu dan tumbuhan berduri di jalan yang biasa dilewati Rasulullah SAW agar beliau celaka.

Baca Juga: 5 Ilmuwan Masuk Islam Setelah Temukan Kebenaran Alquran
Ciri-ciri Wanita Sholehah yang Harus Segera Kamu Lamar

Sosok istrinya itu juga terkenal sebagai wanita yang gemar mengadu domba, sehingga sangat cocok disandingkan dengan Abu Lahab yang sangat buruk kelakuannya. Akhir hayatnya Abu Lahab meninggal dengan sangat buruk. Sekujur tubuhnya dipenuhi bisul dan ia mati terlantar serta tak ada yang mengurus jenazahnya. Nama Abu Lahab dan Istrinya secara khusus diabadikan dalam Alquran (Al-Lahab) . Keduanya disebut dengan jelas sebagai orang yang celaka dan akan masuk ke dalam neraka.

Sebenarnya, selain lima nama diatas, masih ada beberapa nama lagi yang secara gamblang disebutkan di dalam Alquran akan masuk ke dalam neraka. Mereka adalah Haman (tangan kanan Fir’aun), Kan’an (Putra Nabi Nuh AS), Namrud (musuh Nabi Ibrahim AS), Istri nabi Luth AS dan Nabi Nuh AS, serta Azar (ayah Nabi Ibrahim AS). Mereka dipastikan terkena azab neraka karena kelukan buruk mereka selama di dunia.

Berita Terkait

Waspada! Dosa Kecil Ini Dapat Menjerumuskanmu ke Neraka Waspada! Dosa Kecil Ini Dapat Menjerumuskanmu ke Neraka
Subhanallah! Inilah Gambaran Fisik dan Perilaku Bidadari Surga Subhanallah! Inilah Gambaran Fisik dan Perilaku Bidadari Surga
Inilah Ciri-Ciri Orang Meninggal Husnul Khatimah Inilah Ciri-Ciri Orang Meninggal Husnul Khatimah

#islam #Islami #Musa #muslim #muslimah #Neraka #Surga #alquran #Perahu Firaun #Nabi #Nabi Ibrahim #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar