Ngeri! 5 Kota di Dunia yang Diprediksi Akan Tenggelam, Jakarta Termasuk

5 Kota Diprediksi Tenggelam (Istimewa)

Arah -  Sudah tahukah kamu bahwa beberapa kota besar di dunia akan tenggelam beberapa dekade ke depan? Ya, kota-kota besar ini sedang menghadapi berbagai permasalahan mengenai kontur daerah kotanya, salah satunya diakibatkan oleh air resapan tanah yang dari hari ke hari semakin berkurang dan menyebabkan permukaan tanah menurun.

Lima kota yang berpotensi tenggelam ini ada nama ibukota negara kita, Jakarta. Ada banyak alasan mengapa Jakarta sering dihantam banjir, jika tidak ditangani dengan maksimal, bukan tidak mungkin Jakarta akan menjadi lautan di beberapa dekade mendatang.

Tanpa berlama-lama lagi, berikut ini arah.com sajikan lima kota di dunia yang diprediksi akan tenggelam yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Venesia

Italia memiliki kota yang sangat identik dengan air, Venesia. Bahkan kebanyakan transportasi di kota ini menggunakan sampan atau sejenis perahu.

Sebuah laporan penelitian menyebutkan bahwa tanah di Venesia ternyata mengalami penurunan tanah sebesar 0,2 cm per tahun dan terancam banjir. Diprediksi dalam sekian dekade ke depan, Venesia akan tenggelam sepenuhnya dengan air.

2. Beijing

Berdasarkan studi yang dipublikasikan pada tahun 2016 silam, tanah di ibukota China ini ternyata turun hingga 10 cm per tahunnya. beberapa faktor penyebabnya diantaranya yaitu menipisnya air tanah yang disebabkan oleh banyaknya pembangunan gedung-gedung pencakar langit.

Dengan populasi yang hampir mencapai angka 22 juta jiwa, bisa dibayangkan sebanyak apa air yang dibutuhkan oleh penduduk ibukota ini. Sementara itu, keadaan air di dalam tanah tentunya lama-kelamaan tidak bisa memenuhi semua kebutuhan air penduduk Ibu Kota negara Tirai Bambu tersebut. Hal ini tentu saja menyebabkan kandungan air dalam tanah semakin berkurang dan menjadi tidak stabil sehingga menyebabkan penurunan permukaan tanah.

3. Lagos

Lagos ialah kota terbesar di Nigeria, melebihi ibu kota negaranya sendiri, Abuja. Dengan populasi mencapai 21 juta jiwa, bisa dibayangkan berapa banyak air yang diserap oleh para penduduknya. Terlebih kota ini terletak di tepi pantai. Kota ini diprediksi akan tenggelam disebabkan oleh level air laut yang terus meningkat dari tahun ke tahun, dan fakta yang lebih mencengangkan ialah kota ini juga merupakan kota terpadat di benua Afrika.

Akibat kondisi geografisnya, Lagos sering terkena banjir dan erosi pantai, seandainya level air laut naik 2 sampai 3 meter, bisa dibayangkan dampak yang ditimbulkan bagi kelangsungan hidup para penduduknya.

4. Houston

Foto: Istimewa

Layaknya Beijing, kota Houston di Amerika Serikat ini juga mengalami penurunan tanah setiap tahunnya. Hal ini tak terlepas dari pengambilan air tanah yang berlebihan. Berdasarkan sebuah studi, kota ini telah mengalami penurunan tanah sebanyak 3 meter sejak tahun 1920 silam.

Dengan kata lain, di kota Houston terjadi penurunan tanah sebesar 0,5 cm, jika penggunaan air tanah tidak dapat dikendalikan, tak dpaat dipungkiri bahwa kota ini juga akan tenggelam.

Baca Juga: Keren! Jalanan di Jepang Ini Bisa Bernyanyi Jika Dilalui Kendaraan
Terkuak! Ternyata Inilah Kisaran Gaji yang Diterima oleh Algojo

5. Jakarta

Buat kamu yang pensaran mengapa Jakarta ada dalam daftar ini, Ibu kota negara kita ini ternyata terletak dalam kondisi geografis yang cukup rumit. Level air laut yang terus meningkat dan tanah di Jakarta yang terus menurun setiap tahunnya menyebabkan Ibu Kota Indonesia ini terancam tenggelam dalam puluhan dekade ke depan.

Hal ini tentu selaras dengan fakta bahwa Jakarta memang sering sekali dilanda banjir jika musim penghujan tiba. Selain sampah, penyebab lain banjir di Jakarta adalah terus meningkatnya level air laut, ditambah lagi kepadatan penduduk Jakarta yang dari hari ke hari semakin bertambah. Sehingga penggunaan air dalam tanah pun semakin meningkat.

Tentu tidak mengherankan Jakarta diprediksi akan tenggelam dalam kurun sekian dekade ke depan, mungkin inilah salah satu fktor mengapa Presiden Jokowi akan memindahkan ibu kota ke Kalimantan.

Berita Terkait

Gejolak Kebijakan Trump Khawatirkan Pemerintah RI Gejolak Kebijakan Trump Khawatirkan Pemerintah RI
Wow, Jakarta Masuk Kota Termahal Kelima Asia Tenggara Wow, Jakarta Masuk Kota Termahal Kelima Asia Tenggara
Sempat Dilarang, Indonesia Bisa Lagi Ekspor Manggis ke Tiongkok Sempat Dilarang, Indonesia Bisa Lagi Ekspor Manggis ke Tiongkok

#unik #tenggelam #jakarta tenggelam #banjir #Air tanah #China #Indonesia #Jakarta #Nigeria #Amerika Serikat #Italia #Venesia #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar