Kemensos dan BNPB Didesak Beri Edukasi Kebencanaan Warga

Dok. Anggota DPR RI Ace Hasan Sadzily (Arah.com)

Arah -Pemeritah diminta memberikan edukasi kebencanaan karena di sejumlah daerah terdampak banjir, warga terkesan tidak pernah mendapatlan penyuluhan menghadapi bencana. Upaya ini dinilai penting agar masyarakat memiliki wawasan manajemen kebencanaan.

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Ace Hasan Syadzily mengungkapkan kunjungannya bersama Menteri Sosial saat meninjau banjir di Jakarta. Dia mengaku kecewa karena justru daerah yang setiap tahun banjir, tetapi tidak mendapatkan edukasi tentang kebencanaan. 

“Bisa dibayangkan kita naik perahu, tapi disitu yang dilantai dua masih banyak warga yang masih bertahan. Saya baca juga, Pak Kepala BNPB memohon-mohon warga untuk mau dievakuasi. Itu artinya bahwa memang edukasi soal kebencanaan ini sekalipun di daerah yang selama ini menjadi titik bencana yang setiap hujan curah tinggi, itu sama sekali tidak memiliki manajemen kebencanaan seperti kita harapkan. Edukasi kebencanaan kita sangat-sangat mengkhawatirkan,” ujarnya di Jakarta.

Minimnya edukasi saat menghadapi bencana menjadi perhatian Ace. Dia sangat prihatin terhadap korban banjir yang seolah tidak tertangani. Dia mengungkapkan keprihatinannya ketika para pengungsi tinggal di emperan dan berceceran dimana-mana. Dia mempertanyakan siapa yang paling bertanggungjawab BPBD atau Dinas Sosial.

"Saya tidak tahu apakah kita relevan untuk menyalahkan BPBD atau menyalahkan Dinas Sosial. Tetapi yang jelas memang kita tidak memiliki manajemen kebencanaan yang betul-betul memiliki protap yang jelas," tandasnya.

Ace mencontohkan kawasan Kampung Pulo yang setiap tahun selalu terkena banjir.

“Apakah ada jalur khusus untuk jalan evakuasi? Tidak ada, Pak. Semua dibiarkan untuk tidur di emperan toko. Dan bahkan ada dari mereka bertahan di rumah di lantai dua. Gimana kalau terjadi hujan lebih lebat lagi. Pasti akan terendam juga,” kata Ace dikutip dari portal DPR.

Baca Juga: Jadi Tontonan Warga, Polisi Jaga Ketat Akses Masuk Keraton Agung Sejagat
Terungkap, Ini Alasan 5 Tersangka Kasus Jiwasraya di Tahan di Rutan Berbeda

Karena itu, Ace mendesak pemerintah melakukan pendidikan penanggulangan bencana berbasis kelompok agar masyarakat memiliki wawasan manajemen kebencanaan.

“Ini perlu ada satu program yang betul-betul masif terkait dengan apa yang disampaikan oleh Pak menteri soal disaster community. Apakah ini menjadi domain dari Kemensos atau domain dari BNPB,” pungkasnya.

 

Berita Terkait

Begini Reaksi Anies Baswedan Saat Diteriaki Gubernur Rasa Presiden Begini Reaksi Anies Baswedan Saat Diteriaki Gubernur Rasa Presiden
Banjir 2020 Dinilai Tak Separah Sebelumnya, Cek Yuk Datanya... Banjir 2020 Dinilai Tak Separah Sebelumnya, Cek Yuk Datanya...
Beberapa Wilayah di Jakarta Masih Tergenang Beberapa Wilayah di Jakarta Masih Tergenang

#Bencana Alam #Banjir Jakarta #Kementerian Sosial #BPBD #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar