Terungkap, Ini Alasan Kenapa Ikan Wajib Dihidangkan Saat Perayaan Imlek

hidangan ikan wajib saat imlek (istimewa)

Arah - Suasana meriah jelang tahun baru Imlek sudah terasa, seperti di daerah Glodok, Jakarta Barat yang menjual sejumlah aksesoris dan juga makanan khas imlek.

Namun, tahukah kamu jika dalam setiap perayaan imlek wajib ada hidangan yang disajikan, salah satunya hidangan ikan utuh.  Dilansir dari China Highlights, ikan ternyata merupakan lambang kemakmuran dan rezeki. Dalam bahasa Mandarin, penyebutan ikan memiliki bunyi yang hampir sama dengan surplus.

Baca Juga: Mengenal Makna Kue Keranjang, Makanan yang Wajib Ada Saat Imlek
Tanaman Ini Dipercaya Membawa Keberuntungan Untuk Imlek

Menurut tradisi China, makan ikan saat perayaan imlek dipercaya mampu mendatangkan keberuntungan di tahun baru. Namun yang dihidangkan bermacam-macam jenis ikan dan tiap ikan biasanya dipilih karena namanya yang berhomofon dengan kata-kata yang bermakna baik.

Selain itu, ada beberapa aturan dalam menyajikan hidangan ikan saat Imlek. Ikan harus menjadi hidangan terakhir yang dimakan dan harus disisakan. Tetapi ini hanya dilakukan didaerah utara Sungai Yangtze.

Berita Terkait

Perayaan Imlek, Jalanan Jakarta Terpantau Lancar Perayaan Imlek, Jalanan Jakarta Terpantau Lancar
Mancing di Laut, Pelajar SMP Ini Tertusuk Ikan Hingga Tembus ke Leher Mancing di Laut, Pelajar SMP Ini Tertusuk Ikan Hingga Tembus ke Leher
Gubernur Anies Bilang Becak Hanya Beroperasi Di Permukiman Warga Gubernur Anies Bilang Becak Hanya Beroperasi Di Permukiman Warga

#Hari Raya Imlek #Tahun Baru Imlek #Ikan #Hidangan unik #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar