Waspada! Inilah 5 Langkah untuk Melindungi Diri dari Virus Corona

Anjuran Kemenkes Lindungi Diri dari Virus Corona (Twitter)

Arah - Melansir laman BBC, Sejauh ini kabarnya sudah ada 80 orang yang tewas diakibatkan oleh virus corona yang berasal dari kota Wuhan China. Banyak orang yang khawatir akibat pemberitaan masif tentang virus mematikan ini, terlebih sebanyak 13 negara sudah terjangkit virus tersebut.

Berikut ini adalah beberapa tips agar diri kamu terlindungi dari resiko terkena virus corona sebagaimana dilansir dari laman resmi Kementrian Kesehatan.

1. Sering-seringlah mencuci tangan

Jangan sembarangan ketika mencuci tangan, para ahli medis menganjurkan agar menggunakan sabun antiseptik yang dapat menangkal kuman agar bisa mati. Selain itu, 20 detik adalah waktu yang ideal ketika mencuci tangan.

Terakhir, jangan hanya cuci telapak tangan saja, tapi juga sela-sela jarinya juga ya.

2. Pakai masker jika kamu sedang batuk atau pilek

Masker berjenis N95 atau bedah adalah jenis masker yang disarankan untuk digunakan. Namun ada baiknya jika kamu segera mengganti masker kamu jika sudah lebih dari 6 jam dipakai.

Saat kamu batuk, cara terbaik agar tidak menular kepada lingkungan sekitar ialah dengan cara menutup mulut dengan tisu dan jangan buang ludah sembarangan. Jika gejala batuk dan pilekmu tidak kunjung membaik dan malahan merasa sesak napas, sebaiknya segera periksakan diri kamu ke dokter.


3. Konsumsi makanan bergizi dan seimbang

Dari kabar yang beredar, virus corona berasal dari makanan ekstrem yang sering dikonsumsi para penduduk Wuhan, China. Maka dari itu, untuk meminimalisir terjangkit virus ini, kamu dianjurkan untuk mengonsumsi buah dan sayuran yang kaya akan vitamin.

Kemenkes juga menyarankan kamu untuk tidak menyantap daging yang mentah, juga masaklah dagingmu hingga benar-benar matang agar meminimalisir terjangkit virus corona.

4. Tingkatkan kewaspadaan saat melakukan kontak dengan hewan

Hindarilah sentuhan dengan hewan seperti burung ketika kamu berkunjung ke luar negeri, ujar Agus Dwi Susanto, Ketua Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia. Juga kurangi untuk datang ke tempat seperti pasar yang basah, peternakan, maupun pasar hewan hidup agar terhindar dari virus corona yang mematikan ini.

[baca_juga]

5. Jagalah selalu lingkungan rumah kamu agar selalu bersih

Lindungilah lingkungan rumah kamu dengan cara menyemprotkan desinfektan atau semprotan anti kuman. Spray antibiotik, dapat kamu semprotkan pada gagang pintu atau mungkin keyboard guna meminimalisir bakteri yang menempel pada benda tersebut.

Berdasarkan laman Twitter resminya, Kemenkes menyebutkan bahwa hingga saat ini, belum ada obat yang dapat menyembuhkan orang yang terjangkit virus ini. Walau demikian, masyarakat dihimbau agar tidak resah. Lebih baik kamu melakukan perlindungan diri lebih ekstra dengan melakukan hal-hal diatas tadi.

Berita Terkait

Ini Bahayanya Sering Menggaruk Bekas Luka Ini Bahayanya Sering Menggaruk Bekas Luka
Waspada! Segeralah ke Dokter Jika Menemukan Bercak Putih di Tenggorokan Waspada! Segeralah ke Dokter Jika Menemukan Bercak Putih di Tenggorokan
Awas! Kuman di Mesin ATM Bisa Tularkan Penyakit Awas! Kuman di Mesin ATM Bisa Tularkan Penyakit

#tips #tips kesehatan #Kemenkes #kesehatan #Virus #Twitter #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar