Sambut Idul Fitri, Bolehkan Wanita Haid Pergi ke Masjid

Umat muslim mengikuti salat tarawih pertama bulan Ramadan 1437 H di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Minggu (5/6). Pemerintah menetapkan 1 Ramadhan 1437 Hijriyah jatuh pada hari Senin, 6 Juni 2016. (Foto: Antara/Sigid Kurniawan)

Arah - Datangnya hari raya Idulfitri membuat umat Islam berbondong-bondong menuju masjid untuk melaksanakan salat Idulfitri. Baik orang tua, anak-anak mapun laki-laki dan perempuan berbondong-bondong memenuhi masjid.

Lantas, apakah boleh wanita yang sedang haid ikut pergi masjid? 

Dari Ummu Athiyah ra berkata, "Rasulullah SAW memerintahkan kami mengeluarkan para wanita gadis, haidh, dan pingitan. Adapun yang haidh, maka mereka menjauhi salat, dan menyaksikan kebaikan dan dakwah atau doanya kaum muslimin. Aku berkata: "Ya Rasulullah, seorang di antara kami ada yang tak punya jilbab". Beliau menjawab: "Hendaknya saudaranya memakaikan (meminjamkan) jilbabnya kepada saudaranya". (HR.  Bukhari dan Muslim).

Berdasarkan hadits di atas, Asy-Syaukani menjelaskan lebih utama wanita keluar rumah untuk pergi menuju masjid lantas tidak sampai masuk masjid bagi yang sedang haid. Dijelaskan wanita baik muda belum baligh, janda, muda, tua, termasuk yang sedang haid ikut merayakan hari kemenangan idul fitri dengan menghampiri masjid dan duduk di luarnya.

Sungguh, terdapat kebaikan di dalamnya bagi wanita yang tidak ikut salat Idulfitri, namun menunggu di luar masjid. Kebaikan tersebut, berzikir, mendengar ceramah dan doa. Jadi, diperbolehkan seorang wanita pergi ke masjid selama tidak berhias berlebihan, menggunakan parfum menyengat. (Said)

*BerbagaiSumber

Berita Terkait

Wajib Baca! Ini Hukumnya Mengucapkan Selamat Hari Raya Wajib Baca! Ini Hukumnya Mengucapkan Selamat Hari Raya
Wajib Baca! Ini Saratnya Kamu Wajib Keluarkan Zakat Wajib Baca! Ini Saratnya Kamu Wajib Keluarkan Zakat
4 Rekomendasi Isi Parsel untuk Lebaran 4 Rekomendasi Isi Parsel untuk Lebaran

#Lebaran #arahramadan #Ramadan 1437 H #Idul Fitri

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar