Rasulullah Pernah Tetap Berpuasa Meskipun dalam Perjalanan

Ilustrasi seseorang melakukan perjalanan. (koppdelaney via Foter.com/CCBY-ND)

Arah - Puasa Ramadhan hukumnya adalah wajib bagi setiap muslim. Tetapi dalam kondisi dan situasi tertentu, agama Islam membolehkan seseorang untuk tidak menunaikan ibadah puasa Ramadhan.

Kemudian, Ia juga wajib membayar fidyah atau mengqadha puasa Ramadhan di kemudian hari. Orang yang sedang melakukan perjalanan (musafir) sejauh yang dibolehkan qasar salat, dibolehkan tidak berpuasa. Setelah kembali dari perjalanannya, ia akan membayar (qadha) puasa yang ditinggalkannya pada hari lain di luar bulan Ramadhan.

Akan tetapi, bagi musafir yang tidak mengalami kepayahan untuk berpuasa, yang paling afdhal adalah tetap berpuasa meneladani Rasulullah SAW manakala beliau tetap berpuasa. Sebagaimana yang dikatakan oleh Abu Darda RA : Kami bersama Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam di bulan Ramadhan di panas terik yang menyengat, tiada seorang pun dari kami yang berpuasa kecuali Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam dan Abdullah bin Rawahah. (HR. Muslim)

Sedangkan puasa ketika dalam perjalanan menyebabkan musafir merasa berat, maka tidak berpuasa lebih dianjurkan. Sahabat Jabir bin Abdillah radhiyallahu 'anhuma bercerita, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam pernah melakukan safar. Tiba-tiba beliau melihat ada sekelompok orang berkerumun, di tengahnya ada satu orang yang dipayungi dengan baju karena kepanasan. "Ada apa ini?" tanya Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam. "Dia sedang puasa," jawab mereka. Kemudian beliau bersabda, "Bukan termasuk kebaikan, berpuasa ketika safar." (HR. Bukhari 1946)

Termasuk juga ketika puasa membuat dirinya tidak bisa melakukan kegiatan secara normal. Sehingga dia lebih membutuhkan bantuan orang lain. Dalam kondisi ini lebih dianjurkan agar tidak berpuasa.

Berita Terkait

Salat Jumat Terlambat Pahala Bisa Hilang Salat Jumat Terlambat Pahala Bisa Hilang
Ini Anggapan yang Salah Tentang Lailatul Qodar Ini Anggapan yang Salah Tentang Lailatul Qodar
Ingin Menikah di Bulan Ramadhan, Perhatikan 2 Hal ini Ingin Menikah di Bulan Ramadhan, Perhatikan 2 Hal ini

#Bulan Puasa #hadits #rasulullah saw #Ramadhan 1438 H #Ramadhan 2017 #puasa ramadhan

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar