'Minal Aidin Wal Faizin' Apa Artinya?

Ilustrasi salaman (Foto: sabusinessindex.co.za)

Arah - Momen hari raya Idulfitri ditunggu-tunggu umat Islam. Rangkaian kata-kata ucapan maaf bertebaran. Mulai dari secara lisan maupun dari berbagai sosial media kita. Kata-kata " Minal Aidin Wal Faizin" pun selalu terdengar di telinga berulang-ulang kali.

Akan tetapi, masih saja ada yang tidak mengetahui  arti dari Minal Aidin Wal Faizin. Bahkan beberapa dari kita memaknainya dengan arti mohon maaf lahir dan batin.

Belum ada sumber yang jelas, siapa orang pertama yang memulai tradisi ini. akan tetapi, kita perlu tahu, arti dari Minal Aidin Wal Faizin ialah 'Semoga Anda termasuk orang-orang yang kembali (ke jalan Allah) dan termasuk orang yang menang (melawan hawa nafsu)'. 

Memang frasa Minal Aidin Wal Faizin berasal dari bahasa Arab, akan tetapi dari bahasa ini memberikan sumbangsih istilah keagamaan di Indonesia khususnya agama Islam. Uniknya, kata-kata Minal Aidin Wal Faizin juga hanya dapat dimengerti oleh orang Indonesia.

Frasa ini bisa ditemui dalam kamus bahasa Indonesia, tapi tidak ditemukan dalam kamus bahasa Arab, kecuali dalam tema kata per kata. Ungkapan tersebut seperti penggalan dari sebuah kalimat, atau ada yang tersembunyi di bagian awalnya.

Mungkin dengan mengucapkan penggalan kalimat tersebut, yang diajak bicara sudah dianggap paham maksud dan arti secara keseluruhan. Dan sayangnya, tidak sedikit kaum muslimin di Indonesia yang mengetahui penggalan awalnya. Karena memang bahasa Arab bukan menjadi bahasa yang dipahami kebanyakan kita.

Di samping itu, alangkah baiknya cobalah ucapkan selamat seperti, Taqabbalallahu Minna wa Minkum atau semoga Allah menerima ibadah kita semua dan Anda. Lalu jawab dengan 'Taqabbalallahu minna wa minka. Dalam Sunan Al-Baihaqi disebutkan, "Diriwayatkan dari Khalid bin Ma'dan, ia berkata: Aku bertemu Watsilah bin Asqa' pada hari Raya. Aku katakan padanya

'Taqabbalallahu minna wa minka. Watsilah menanggapi, Aku pernah bertemu Rasulullah SAW pada hari raya, lantas aku katakan 'Taqabbalallahu minna wa minka'. Beliau menjawab, 'Ya, Taqabbalallahu minna wa minka' (Firda)

Berita Terkait

Perbedaan Mencolok Lebaran di Malaysia dan Indonesia Perbedaan Mencolok Lebaran di Malaysia dan Indonesia
Tips Mudik yang Aman untuk Ibu Hamil Tips Mudik yang Aman untuk Ibu Hamil
Jalur Tol Jakarta-Cikampek Padat Merayap Jalur Tol Jakarta-Cikampek Padat Merayap

#arahramadan #Idul Fitri #Lebaran #Ramadan 1437 H #Mudik Lebaran

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar