Bahas Vaksin Palsu, Kepolisian Rapat dengan Kemenkes-BPOM-KPAI

Ilustrasi Vaksin. (Foto: antaranews.com)

Arah -  Mabes Polri menggelar pertemuan dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terkait peredaran vaksin palsu pada Selasa (28/6/2016). Selain dari pihak Kemenkes, pertemuan juga dihadiri Komisi Perlindungan Anak (KPAI) dan Badan Pengawas Obat dan makanan (BPOM).

Pihak Kemenkes diwakili Dirjen Kefarmasian dan Alat Kesehatan Maura Linda sitanggang. Sementara dari KPAI ada Komisioner dan Ketua Divisi (Kadiv) Sosialisasi Erlinda.

Rapat berlangsung tertutup dimulai sekitar pukul 10.30 WIB di Bareskrim Mabes Polri di jakarta.

"Kami akan bahas bagaimana cara pencegahan dan penghentian pemasokan distribusi vaksin ini," ujar Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri Brigjen Agung Setya, Selasa (28/6/2016).

Seperti diberitakan sebelumnya, polisi membongkar kasus peredaran vaksin palsu yang telah berlangsung sejak tahun 2003. Peredaran vaksin palsu itu melibatkan tiga kelompok di Bekasi yakni produsen, pengedar dan pihak yang menyerahkan langsung ke pengguna.

Sejauh polisi telah menangkap 13 tersangka yang ditahan di Bareskrim. Mereka dijerat pasal 196 jo pasal 98 dan atau pasal 197 jo pasal 106 dan atau pasal 198 jo pasal 108 Undang-Undang Nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan dan pasal 62 jo pasal 8 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. (Wildan)

Berita Terkait

Empat RS di Jakarta Disinyalir Gunakan Vaksin Palsu Empat RS di Jakarta Disinyalir Gunakan Vaksin Palsu
Kapolda Jateng Perintahkan Penyelidikan Vaksin Palsu Kapolda Jateng Perintahkan Penyelidikan Vaksin Palsu
Vaksin Palsu, Polisi Diminta Selidiki Keterlibatan Pihak Lain    Vaksin Palsu, Polisi Diminta Selidiki Keterlibatan Pihak Lain

#vaksin anak #Vaksin Palsu #vaksin #Mabes Polri #Kemenkes #BPOM

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar